Gerakan Jaga Kampung, Warsono Peternak Ayam Berhasil Panen Ayam Broiler 1.500 Ekor

Gerakan Jaga Kampung, Warsono Peternak Ayam Berhasil Panen Ayam Broiler 1.500 Ekor

29 Juli 2020
Kapolsek Singingi Hilir menyaksikan Panen Perdana Ayam Broiler Kelompok Tani Berkah/R24

Kapolsek Singingi Hilir menyaksikan Panen Perdana Ayam Broiler Kelompok Tani Berkah/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Gerakan jaga kampung yang dilounching beberapa minggu lalu, ternyata telah membuahkan hasil. Ini dibuktikan dengan berhasilnya Kelompok Tani Berkah Desa Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir, yang dipimpin Warsono yang panen ayam pedaging sebanyak 1.500 ekor, dengan berat keseluruhan 2,950 Kilogram, Selasa (28/7).

Panen perdana ayam pedaging ini , disaksikan langsung Kapolsek Singingi Hilir, AKP Bambang Hariyanto SH, MH beserta anggota dan Bhabinkamtibmas Desa Sukamaju. Dimana sebanyak 1500 ekor dipanen, dengan berat keseluruhan 2 ton 950 kg, artinya hampir 2 Kg/ekornya dari berat awal bibit seberat 10 Gram, dan seluruh ayam pedaging dalam keadaan sehat," Ujar Kapolsek.

Dijelaskannya, Panen perdana ini menjadi pemicu semangat para Kelompok Tani, untuk berusaha meningkatkan hasil panen berikutnya, yang secara ekonomi tentunya akan mampu memberikan penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan hidup seluruh anggotanya, serta bagi masyarakat sekitar Desa Sukamaju.

" Kita juga berharap, agar warga Desa Sukamaju dapat membeli ayam untuk keperluan makan dapat langsung membeli kepada Kelompok Tani Berkah. Ini adalah realita, bahwa ketahanan pangan dapat kita ciptakan dengan semangat kebersamaan," Tuturnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Berkah, Warsono menyebutkan bahwa Ternak ayam pedaging yang dilakukan Kelompok Tani Berkah ini, hanya selama 35 hari di dua buah kandang (ukuran 50 M x 90 M dan 50 M x 120 M). Dan berkat kesungguhan Kelompok Tani Berkah, selama memelihara ayam pedaging didampingi Elemen Tiga Pilar Desa Sukamaju.

"Alhamdulillah, ayam pedaging peliharaan kami sehat sehat dan gemuk, dan hari ini bisa langsung kami panen untuk dijual kepada pembeli yang sudah disiapkan sebelumnya dengan harga Rp. 19.500/Kg," Ujar Ketua Kelompok Tani Berkah, Warsono.

Dirinya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Kuansing, dalam hal ini Polsek Singingi Hilir yang secara rutin bersama-sama dengan Kepala Desa Sukamaju, dan Babinsa memantau terus perkembangan hewan ternak ayam pedaging yang kami pelihara. Tentunya ini sangat membanggakan buat kami," Tambahnya.

Dikatakan Warsono, Hasil panen ayam ini memberikan peningkatan ekonomi bagi kami selaku Kelompok Tani Berkah, dan sebagian dari hasil panen ini akan dibelikan bibit ayam pedaging sebanyak 1500 ekor lagi. "Jadi kami tidak akan berhenti dan berjalan terus, dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PT. SAR, yang telah sudi memberikan bantuan pakan ternak, karena ini sangat meringankan beban kami," Sebutnya. 

Kedepannya, kami akan secara mandiri memenuhi segala kebutuhan peternakan ayam pedaging ini, untuk terus dikembangkan dan diharapkan kandangnya dapat diperluas dan perbanyak bibitnya," Terangnya.(ndi)