Masih Tunggu Arahan Gubernur Riau Syamsuar, Ini Langkah yang Disiapkan Pemkab Kuansing jika Diterapkan New Normal

Masih Tunggu Arahan Gubernur Riau Syamsuar, Ini Langkah yang Disiapkan Pemkab Kuansing jika Diterapkan New Normal

27 Mei 2020
Bupati Kuansing, Mursini saat memimpin rapat membahas langkah penerapan new normal

Bupati Kuansing, Mursini saat memimpin rapat membahas langkah penerapan new normal

RIAU1.COM - Meski belum ada arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk penerapan 'New Normal' atau aktivitas normal baru berdampingan dengan virus corona atau Covid-19, Pemkab Kuantan Singingi (Kuansing) sudah menyiapkan sejumlah tahapan.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kuansing, DR Agus Mandar mengungkapkan, Pemkab Kuansing sudah menggelar rapat bersama jajaran instansi terkait untuk membahas langkah-langkah dalam penerapan new normal di Kabupaten Kuansing nantinya.

"Beberapa tahapan yang dibahas, bidang penjagaan/pengawasan pintu masuk dan keluar Kuansing, penerapan new normal bagi daerah zona hijau dan penanganan ODP secara lebih intensif seperti isolasi dan swab," kata Agus Mandar, Rabu 27 Mei 2020.

"Kemudian, membahas terkait pemantauan para pedagang yang datang dari luar Kuansing, serta koordinasi dengan daerah tetangga seperti Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat," terangnya.

Masih kata Agus Mandar, Bupati Kuansing Mursini juga meminta para pedagang yang datang dari luar daerah, agar membawa surat keterangan bebas Covid-19.

"Nantinya, juga akan menertibkan para pedagang dan pembeli di pasar agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19, seperti memakai masker. Serta membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada tingkat desa/kelurahan, dan mengefektifkan Poskowas sesuai SOP penanganan Covid-19," bebernya.

Agus Mandar menambahkan, penerapan new normal ini akan dilaksanakan mulai Kamis 28 Mei 2020 esok. setelah ada arahan dari Gubernur Riau, Syamsuar.

"Insya Allah, besok sekitar pukul 09.00 WIB, kita video conference dengan Pak Gubernur. Setelah ada arahan, kita akan lakukan langkah-langkah penerapan sesuai ketentuan," pungkasnya.