22 Desa Dapat Tambahan Alokasi Dana dari Pusat, Mahasiswa Asal Inuman Apresiasi Kinerja Pemkab Kuansing

22 Desa Dapat Tambahan Alokasi Dana dari Pusat, Mahasiswa Asal Inuman Apresiasi Kinerja Pemkab Kuansing

1 Februari 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Jelang berakhirnya tahun 2019, sebanyak 22 Desa di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dinilai berkinerja baik oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa Republik Indonesia.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dinsos Kuansing, Arta Melia mengatakan, 22 Desa di Kuansing ini akan menerima dana tambahan sebesar Rp144.096.000. "Program dana tambahan ini, berdasarkan SK Menteri Keuangan RI tanggal 31 Desember 2019," ucapnya, Sabtu 1 Februari 2020.

Dengan dana tambahan yang akan diterima 22 Desa di Kuansing ini, merupakan salah satu keberhasilan dari Pemkab Kuansing atas penilaian langsung oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa RI.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Edo Cipta Wiganda mengatakan, ia memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemkab dan Pemdes di Kuansing karena akan menerima dana tambahan alokasi desa.

22 desa yang akan menerima dana tambahan itu, diantaranya, Desa Seberang Cengar, Banjar Padang, Kinali di Kecamatan Kuantan Mudik. Desa Koto Tuo Kopah dan Pulau Banjar Kari di Kecamatan Kuantan Tengah.

Loading...

Kemudian, Desa Koto Sentajo di Kecamatan Sentajo Raya, Desa Pulau Ingu dan Rawang Bonto di Kecamatan Benai, Desa Koto Pangean, Desa Padang Tanggung, Desa Padang Kunik dan Desa Rawang Binjai di Kecamatan Pangean.

Selanjutnya, Desa Teratak Jering di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Desa Pasar Inuman dan Desa Pulau Panjang Hulu di Kecamatan Inuman. Desa Kompe Berangin, Desa Sikakak, Desa Kampung Baru Cerenti, Desa Pulau Jambu, Desa Koto Cerenti dan Desa Pulau Bayur di Kecamatan Cerenti.

"Diharapkan, desa-desa ini mampu menjadi contoh untuk desa lainnya di Kuansing maupun kabupaten/kota lainnya di Riau," tukas Edo yang merupakan Mensospol BEM KM UMRI dan juga Promotor Keluarga Besar Mahasiswa Inuman ini.