Sabtu, 21 September 2019

KUANTAN-SINGINGI

Pegiat Seni dan Budaya Kecewa, Tahun Ini Pacu Jalur Kuansing Tidak lagi Masuk Kalender Wisata Nasional

news24xx


Pacu jalur Kuansing/int Pacu jalur Kuansing/int

RIAU1.COM - TELUK KUANTAN - Para pegiat seni dan budaya di Kuasing mengaku kecewa dan menyayangkan iven pacu jalur tradisional Kuansing tidak lagi masuk dalam agenda kalender wisata nasional.

Sebab, dari 100 Calender of Events Wonderful 2019 itu, ternyata iven pacu jalur di Kuansing tidak masuk di dalamnya. Padahal menurut historinya, pacu jalur di Kuansing ini cukup melegenda yang sudah berusia 115 tahun.

"Ada apa ini, kok iven nasional yang sudah berusia seabad lebih, tidak masuk dalam Kalender Wisata Nasional. Ini yang seharusnya dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, memasukkan Iven Nasional Pacu Jalur ke dalam Kalender Wisata Nasional," ungkap Tokoh Muda dan Pencinta Seni Budaya Kuansing, Dasver Librian yang biasa disapa Vea, Rabu (20/2).



BACA JUGA : Ikut Terpapar Kabut Asap, Pemkab Kuansing Liburkan Sekolah

Iklan Riau1

Menurutnya, Iven Nasional Pacu Jalur yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau telah berusia lebih dari 115 tahun, yang sudah berskala nasional untuk kegiatan tradisi budaya, dan peraih Award 2017 lalu, ternyata tidak masuk dalam Kalender Wisata Nasional.

Apalagi, iven nasional pacu jalur yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi ini, disaksikan lebih dari ratusan ribu masyarakat maupun para wisatawan, baik lokal, regional maupun mancanegara.



BACA JUGA : Dari Mekah, Bupati Mursini Bersama JCH Kuansing-Siak Doakan Riau Bebas Kabut Asap

Selain itu, Iven Nasional Pacu Jalur yang diselenggarakan tiap tahunnya ini, juga mampu menghipnotis ratusan ribu penonton."Mantan Bupati Sukarmis pernah menyebut, penonton Pacu Jalur merupakan pengunjung terbanyak, setelah pelaksanaan Haji di Mekkah," ujarnya yang juga Caleg DPRD Kuansing dari Dapil I Partai Persatuan Pembangunan tersebut.

Bahkan Wakil Presiden RI, HM. Jusuf Kalla juga pernah menyaksikan secara langsung ivent pacu jalur ini. Namun beberapa tahun lalu, agenda pelaksanaan Pacu Jalur di Tepian Narosa ini, telah menjadi kegiatan penting di dunia pariwisata Indonesia, dengan memasukkan ke dalam kalender pariwisata nasional.***

 

 

 

 





Loading...
DN06 | space iklan baca