Pembobolan Supermarket di Sekupang Batam Didalangi Mantan Sekuriti

Pembobolan Supermarket di Sekupang Batam Didalangi Mantan Sekuriti

27 Mei 2022
Supermarket yang dibobol

Supermarket yang dibobol

RIAU1.COM - Pihak kepolisian berhasil mengungkap kasus pembobolan Supermarket Indoria Serba 8.000 di Tiban III, Sekupang, Kota Batam.

Ternyata pencurian yang terjadi, Selasa (24/5/2022) lalu itu didalangi Jamin, mantan sekuriti supermaket tersebut.

Kapolsek Sekupang, Kompol Yudha Surya Wardana seperti dimuat Batamnews mengatakan, uang yang digasak komplotan maling ini mencapai Rp 47.463.000. Mereka mengambilnya dari brangkas supermaket.

"Jadi dia yang memberi informasi dan mengajak pelaku lainnya untuk melakukan pencurian brankas. Sementara untuk uang hasil pencurian habis dipakai oleh pelaku untuk keperluan pribadi," pungkas Yudha, dalam keterangan, Jumat (27/5/2022).

Keempat komplotan maling ini sudah diringkus polisi. Mereka kini diamankan di Mapolsek Sekupang. 

Keempat pelaku, yakni Zailani (50) resedivis, Mas'ud (40) dan Rampulu Tiga Torop (50) ditangkap di Batam. Sedangkan Jamin (42) otak pelaku ditangkap di Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

"Kasus ini diketahui tanggal 18 April 2022 lalu. Saat itu, pelapor membuka toko dan saat masuk keruangan admin, dia melihat ruangan pintunya sudah terbuka," kata Kapolsek Sekupang, Kompol Yudha Surya Wardana, Jumat (27/5/2022).

Kemudian, Tarwin (pelapor) memanggil karyawan lain untuk bersama-sama mengecek ruang admin. Ternyata brangkas yang berada di ruangan sudah lenyap.

"Si pelapor ini lalu mengajak karyawan lain untuk mengecek dari mana pelaku masuk. Ternyata pelaku masuk dari pintu belakang sudah terbuka dan dalam kaadaan tidak terkunci," katanya.

Loading...

Kerugian yang dialami toko tersebut sebanyak Rp 47.463.000. Saat CCTV diputar ternya pelaku ada tiga orang dengan membawa brangkas yang berisikan uang tunai.

"Kejadian tersebut lalu dilaporkan ke kita dan kita langsung datangi TKP [Tempat Kejadian Perkara]. Mengumpulkan keterangan saksi-saksi yang berada di seputaran TKP dan setelah melakukan analisa terhadap rekaman CCTV diketahui pelaku berjumlah 4 orang yang menggunakan masker," ujar Yudha.

Selanjutnya, pada Senin 23 Mei, Unit Opsnal Reskrim Polsek Sekupang mendapatkan informasi pelaku Jamin berada di kota Padang Sidempuan, Medan, Sumatera Utara.

"Kemudian, Reskrim saya bagi menjadi dua tim. Tim satu mengejar pelaku ke Medan dan tim dua mengejar pelaku yang di Batam," kata dia.

Lalu, Selasa, 24 Mei 2022, Jamin berhasil diamankan sekira pukul 01.00 WIB. Dari hasil interogasi, dia mengakui telah melakukan pencurian brangkas tersebut bersama tiga temannya.

"Menerima informasi tersebut, tim dua yang saya pimpin sendiri, langsung bergerak cepat untuk melakukan pengejaran terhadap tiga pelaku. Hari yang sama, Selasa, 24 Mei 2022 sekira pukul 05.00 WIB, tiga orang pelaku tersebut berhasil kita amankan di tiga lokasi berbeda," ujar dia.*