Spesialis Jambret Handphone di Dashboard Motor Berhasil Diringkus Tim Opsnal Polsek Tualang

Spesialis Jambret Handphone di Dashboard Motor Berhasil Diringkus Tim Opsnal Polsek Tualang

7 Januari 2021
Tersangka saat diamankan

Tersangka saat diamankan

RIAU1.COM - Seorang spesialis jambret handphone di dashbord motor yang selama ini meresahkan masyarakat Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau akhirnya berhasil diringkus tim opsnal Polsek Tualang, Selasa, 5 Januari 2021.

Sebuat saja Ijep, Pemuda berusia 28 tahun yang berdomisili di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak ini akhirnya tertunduk lemas saat digelandang tim opsnal Polsek Tualang ke Makopolsek Tualang usai kedapatan hendak melancarkan kembali perbuatannya di jalan lintas Perawang-minas kilometer 6 Kecamatan Tualang.

Ijep mengaku telah 9 kali melakukan kejahatan tersebut sejak awal tahun 2020 dengan sasaran handphone yang terletak di dashbord motor. "Iya pak, sudah 9 kali pak, terakhir malam tahun baru kemarin pak," sebutnya.

Pemuda yang mengaku sudah lama menganggur itu juga menjelaskan sasarannya selama melakukan jambret adalah kaum wanita yang menaruh handphone di dashbord motor saat berkendara.

"Saya tidak berani menjambret tas ataupun perhiasan pak, yang saya ambil hanya handphone yang diletak di dashbord motor, kebanyakan korbannya ibu-ibu pak, saat mereka memarkirkan motornya handphone itu sering tertinggal, saat itulah kesempatan saya mengambilnya," terangnya.

Selain itu, anak pertama dari 6 bersaudara itu juga mengaku bahwa seluruh barang hasil jambret tersebut dijualnya melalui media sosial facebook, hasil penjualannya digunakan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

"Handphone yang saya ambil merk Samsung, Xiomi, dan realme. Barang-barang itu saya jual ke Perawang Facebook, paling tinggi harganya Rp 700 ribu, paling rendah Rp 400 ribu pak. Semuanya saya gunakan untuk biaya sehari-hari pak," ujarnya.

Kapolsek Tualang Kompol Faizal Ramzani SH,SIK,MH saat ditemui Riau1.com di ruang kerjanya Rabu, 6 Januari 2020 mengatakan, jambret spesialis handphone di dashbord motor ini sudah sangat meresahkan masyarakat di Kecamatan Tualang. Hingga akhirnya tim opsnal berhasil menangkap pelaku di awal tahun 2021.

"Alhamdulillah, berkat informasi masyarakat, penjambret spesialis Handphone di dashbord Motor ini akhirnya berhasil kita ungkap. Modus si pelaku ini menyasar pengendara yang sengaja menaruh hp di dashboard motornya. Saat korban lengah, pelaku dengan mudah mengambil hp milik korban," jelas Kompol Faizal.

Lanjut kapolsek menyampaikan, dari pengungkapan ini, polisi berhasil menyita barang bukti 2 unit hp hasil kejahatan dan satu unit motor matic nopol BM 6389 NM yang digunakan sebagai sarana kejahatan.

"Untuk tersangka kita sangkakan dengan pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 6 tahun kurungan penjara," jelas mantan Kasat Reskrim Polres Siak itu.

Kapolsek Tualang juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati membawa barang berharga saat berkendara.

"Kita minta kepada masyakat agar tidak menaruh barang berharga dalam bentuk apapun di dashbord motor saat berkendara maupun memarkir kendaraan, tetap waspada dalam berkendara," imbaunya.

"Selain itu, kita juga minta kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan iming-iming harga hp maupun barang-barang lainnya yang dijual murah di facebook, karena besar kemungkinan barang-barang tersebut adalah barang curian," pintanya.