Warga Batam Konsumsi Ikan Laut 19 Ribu Ton per Tahun

Warga Batam Konsumsi Ikan Laut 19 Ribu Ton per Tahun

28 Januari 2024
Penjualan ikan laut di Kota Batam

Penjualan ikan laut di Kota Batam

RIAU1.COM - Berdasarkan data Dinas Perikanan Kota Batam mencacat kebutuhan konsumsi ikan laut di Batam mencapai 19.668,93 ton setiap tahunnya.

“Ya, angka kebutuhan ikan laut ini terus meningkat, di tahun kemarin kebutuhan di Batam sebesar 19.668,93 ton ini,” kata Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Ridwan akhir pekan ini yang dimuat Batampos.

Sambung dia, kebutuhan ikan ini, banyak dipenuhi dari pasar tradisional. Adapun ikan yang banyak dikonsumsi warga Batam seperti ikan selar, benggol, ikan kembung, ikan mata besar, bandeng, ikan tongkol dan lain sebagainya. Sementara untuk ikan lain yang banyak dijual di restoran dan hotel-hotel tidak termasuk.

“Ini khusus ikan yang khusus dikonsumsi masyarakat yang dibeli di pasar ya,” ujarnya.

Angka kebutuhan ikan laut di Batam ini, lanjut Ridwan, bisa diimbangi dengan produksi nelayan Batam. Dimana 70 persen hasil ikan ini diproduksi oleh nelayan Batam. Sisanya sekitar 30 persen dikirim dari daerah lain seperti Padang dan Jakarta.

“Produksi ikan di Batam cukup tinggi. Semisal benggol dan kembung itu dari nelayan di Batam. Tapi kalau seperti tongkol dan ikan jenis lain ada juga dikirim dari luar daerah,” tuturnya.

Bahkan Ridwan memastikan ikan yang beredar di seluruh Batam tidak ada diimpor dari negara lain. 

“Karena aturannya memang tidak boleh impor. Biasanya kalau stok sudah mulai menipis, mereka (nelayan dari daerah lain) akan langsung masukin ke Batam untuk jenis-jenis ikan tertentu yang tidak ada di sini,” tuturnya.*