Tenggelam di Parit saat Berenang, Anak di Karimun Meninggal Dunia

27 Oktober 2024
Lokasi tenggelamnya anak di Karimun Kepri/Net

Lokasi tenggelamnya anak di Karimun Kepri/Net

RIAU1.COM - Dilaporkan seorang anak berusia 10 tahun berinisial YA meninggal dunia setelah tenggelam saat berenang di sebuah parit di Jalan Fajar Baru, Kelurahan Tanjungbatu Kota, Jumat, 25 Oktober 2024. 

Peristiwa tragis ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB saat YA sedang bermain bersama temannya di lokasi tersebut.

YA diketahui berenang di parit tersebut bersama seorang teman berinisial RR (19), yang hanya menemani di pinggir parit. Sayangnya, YA sempat tenggelam dan hilang, sehingga membutuhkan waktu hampir dua jam untuk ditemukan oleh warga dan pihak kepolisian yang melakukan pencarian intensif. 

YA ditemukan dalam kondisi tidak sadar sekitar pukul 17.00 WIB dan langsung dilarikan ke RSUD Tanjungbatu. Namun, nyawa YA tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia sebelum tiba di rumah sakit.

Kapolsek Kundur, AKP Septimaris, mengungkapkan bahwa YA yang datang ke rumah RR mengajak temannya tersebut untuk berenang. "Korban YA datang ke rumah RR untuk mengajaknya berenang, dan RR ini adalah seorang anak dengan gangguan mental," kata AKP Septimaris saat dikonfirmasi pada Sabtu, 26 Oktober 2024 yang dimuat Batamnews.

Berdasarkan keterangan RR, setibanya di lokasi, YA langsung melepas pakaian dan berenang, sementara RR hanya duduk di tepi parit. Beberapa saat kemudian, RR menyadari bahwa YA tidak lagi muncul ke permukaan dan segera meminta bantuan warga sekitar untuk melakukan pencarian.

"RR langsung pergi mencari bantuan warga setelah melihat YA tidak muncul ke permukaan. Pencarian dilakukan segera, dan YA ditemukan sekitar pukul 17.00 WIB," jelas Kapolsek.

Meski sudah ditemukan, YA dinyatakan meninggal dunia oleh dokter sebelum mendapatkan perawatan di RSUD Tanjungbatu. Kapolsek menambahkan bahwa penyebab YA tenggelam diduga karena ia tidak pandai berenang.*