Realisasi Belanja APBD Kepri Terbaik se-Indonesia

Realisasi Belanja APBD Kepri Terbaik se-Indonesia

3 Januari 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Peringkat pertama berhasil diraih Pemprov Sumbar, sebagai provinsi se-Indonesia dengan realisasi belanja APBD Tahun Anggaran 2022 di angka 96,54 persen. 

Hal itu berdasarkan data per 29 Desember 2022 yang dirilis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan dibacakan oleh Wamendagri John Wempi Wetipo pada akhir Rakor Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (2/1/2023). 

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara seperti dimuat Batamnews mengatakan capaian yang diperoleh Pemprov Kepri tersebut mengalami peningkatan dari capaian tahun lalu. Dari 94,52 persen di 2021 naik 96,54 persen di 2022.

"Tahun lalu realisasi belanja Pemprov Kepri masuk 5 besar. Tahun ini terbaik pertama se-Indonesia," katanya.

Sementara persentase realisasi pendapatan Tahun Anggaran 2022 juga mendapat capaian yang baik. Kepri menempati urutan ke-5 dari seluruh Provinsi di  Indonesia dengan angka 107,00 persen. 

"Untuk pendapatan kepri berada di bawah Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat," jelasnya.

Kemudian Adi menyampaikan apresiasinya kepada para pimpinan OPD, hingga jajaran pegawai yang telah bekerja keras merealisasikan APBD Kepri di tahun 2022 ini dengan baik. 

Ia juga menyebut, rapat evaluasi realisasi APBD yang diinisiasi Gubernur Ansar secara rutin dan berkala telah dilaksanakan sepanjang tahun menjadi salah satu kunci pencapaian ini. 

"Untuk itu, jika ada kendala dalam pelaksanaannya, bisa segera dicarikan solusi secara cepat dan tepat," ujarnya.