Ratusan Siswa SMP Dievakuasi dari Kapal Kandas di Anambas

Ratusan Siswa SMP Dievakuasi dari Kapal Kandas di Anambas

17 September 2024
Evakuasi penumpang KM Inkamina Maritim yang kandas

Evakuasi penumpang KM Inkamina Maritim yang kandas

RIAU1.COM -  Evakuasi penumpang KM Inkamina Maritim yang kandas di perairan pesisir timur Kabupaten Kepulauan Anambas pada Ahad, 15 September 2024 dilakukan Tim SAR gabungan yang terdiri dari Sat Polairud Polres Kepulauan Anambas, Lanal Tarempa, Basarnas, BPBD, serta nelayan setempat.

Kapal tersebut mengangkut 105 penumpang yang terdiri dari guru dan siswa/siswi SMP Siantan. Mereka bertolak dari Dusun Air Nangak, Desa Teluk Sunting, Kecamatan Siantan Tengah, menuju Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, usai mengikuti pertandingan olahraga di Air Nangak.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Anambas, IPTU Giofany Casanova, menjelaskan kronologi kejadian. Yang mana pada hari Minggu, 15 September 2024 sekitar pukul 18.15 WIB, KM Inkamina Maritim GT 42 No. 13/Bd berangkat dari Pelabuhan Air Nangak menuju Pelabuhan Tarempa. Sekitar pukul 19.00 WIB, kapal mengalami kandas di perairan pesisir timur Kecamatan Siantan, dengan koordinat 3° 13.220'N 106° 16.390'E.

"Pukul 19.15 WIB, tim evakuasi yang terdiri dari Sat Polairud Polres Anambas, Lanal Tarempa, Basarnas, BPBD, dan KM Nelayan Abadi II, berhasil mengevakuasi penumpang KM Inkamina Maritim," kata IPTU Giofany Casanova pada Senin (16/09/2024).

Wakapolres Kepulauan Anambas, Kompol Hendrianto, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kapal kandas dan naik ke atas karang disebabkan oleh kurangnya pemahaman nakhoda terhadap alur pelayaran, ditambah dengan kondisi arus kencang dan air yang sedang surut.

"Kapal tidak mengalami kelebihan kapasitas, namun air laut sedang surut, dan kapten kapal kurang memahami kondisi laut saat itu," kata Kompol Hendrianto yang dimuat Batamnews..

Semua penumpang KM Inkamina Maritim berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan kapal bantuan dari Basarnas, BPBD, dan KM Nelayan Abadi II. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,"sebut dia.*