Pemprov Kepri Mengaku Segera Tuntaskan Persoalan Kebocoran Pipa PDAM

29 April 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Koordinasi dengan Pemko Tanjungpinang tengah dilakukan Peprov Kepri terkait rencana pembangunan jaringan pipa milik PDAM Tirta Kepri. Apabila sudah selesai, pekerjaan akan segera ditenderkan lewat Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan Pemko Tanjungpinang untuk pemetaan pembangunan jaringan. Karena terbatasnya ruang, menjadi tantangan saat ini,” ujar Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri, Sayed Wahidin, Jumat (28/4) di Tanjungpinang seperti dimuat Batampos.

Kemudian dijelaskannya, pekerjaan pembangunan pipa itu nanti tujuannya adalah untuk mengatasi persoalan kebocoran pipa milik PDAM. Karena sepanjang km 10 sampai km 6 berada di badan jalan. Bocornya pipa otomatis akan merusak badan jalan. Kondisi ini juga menyebabkan pelayan PDAM menjadi kurang optimal.

“Kondisi kita saat ini, sedang defisit air baku. Sementara tingkat kebocoran tinggi. Tentu pembangunan jaringan baru ini adalah solusi yang diharapkan,” jelasnya.

Dipaparkannya, untuk menuntadkan persoalan kebocoran pipa yang berada di badan jalan masih membutuhkan anggaran yang besar. Menyiasati kondisi kekuatan yang terbatas, pekerjaan dilakukan secara bertahap. Maka dari itu, pihaknya meminta dukungan masyarakat dan pihak-pihak terkait.

“Tanpa dukungan bersama, pembangunan yang akan dilakukan tidak akan berjalan dengan baik. Karena ini untuk kebutuhan bersama, makanya kami harapkan dukungan dari semua pihak,” tutur Said.*