Masih Ada 17.670 Ribu Jiwa di Tanjungpinang Masuk Kategori Miskin

Masih Ada 17.670 Ribu Jiwa di Tanjungpinang Masuk Kategori Miskin

27 Oktober 2023
Kota Tanjungpinang/Net

Kota Tanjungpinang/Net

RIAU1.COM - Angka kemiskinan di Kota Tajungpinang pada 2023 berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang mengalami penurunan 1,90 persen atau sekitar 4.000 jiwa.

Kepala BPS Kota Tanjungpinang, Mangamputua Gultom mengatakan berdasarkan survei sosial ekonomi nasional yang diadakan pada Maret 2023 lalu angka kemiskinan Kota Tanjungpinang berada di 7,95 persen atau sekitar 17.670 ribu jiwa.

“Angka tersebut menjelaskan bahwa kemiskinan di Tanjungpinang telah menurun jika dibandingkan pada tahun 2022 yang berada di 9,85 persen atau sekitar 21.670 jiwa,”kata Gultom, Kamis (26/10) yang dimuat Batampos.

Kemudian disampaikan Gultom, penurunan angka kemiskinan di Tanjungpinang disebabkan oleh rendahnya inflasi yang berdampak langsung ke kebutuhan masyarakat.

“Keberhasilan mengendalikan gejolak inflasi telah berdampak baik dalam menekan angka kemiskinan, meskipun begitu angka kemiskinan yang ada saat ini tetap harus ditekan dan kita berharap dapat terus menurun,” ujar Gultom.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan mengatakan pengentasan kemiskinan di Tanjungpinang saat ini merupakan salah satu fokus yang sedang menjadi atensi.

Dengan penurunan yang terjadi itu, lanjut Hasan tidak boleh berpuas diri. Ia menginstruksikan kepada setiap dinas agar dapat menyusun program dan kebijakan yang tepat sasaran dalam membantu masyakarat.

“Sehingga kemandirian ekonomi dapat terbangun dan angka kemiskinan ini dapat ditekan lebih rendah lagi,” sebut Hasan.*