Kunjungan Wisman ke Kota Batam Paling Banyak dari Singapura

30 Desember 2023
Pelabuhan akses keluar masuk kota Batam/Antara

Pelabuhan akses keluar masuk kota Batam/Antara

RIAU1.COM - Terhitung dari Januari hingga Oktober 2023, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kota Batam berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 940.046 atau meningkat dibanding periode yang sama tahun 2022 (year on year/yoy).

“Ya dibandingkan tahun lalu peningkatannya cukup signifikan. Dimana periode yang sama tahun lalu (Januari-Oktober 2022) terdapat 340.341 orang wisman berkunjung ke Kota Batam,” ujar Kepala BPS Kota Batam Agus Kadaryanto akhir pekan ini yang dimuat Batampos.

Kemudian dia menjelaskan, berdasarkan negara asal, wisman yang berkunjung ke Batam didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura. Lalu disusul wisman dari Malaysia, India dan Cina. Selain itu ada juga wisman dari Philipina, Australia, Inggris dan Amerika Serikat, Jepang, Jerman serta wisman negara lainnya

“Ini baru sampai bulan Oktober 2023, nanti untuk November Desember baru kita rilis awal Januari 2024,” ucap Agus.

Kunjungan wisatawan mancanegara lanjutnya, didominasi dengan moda angkutan laut di Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbourbay, Pelabuhan International Sekupang dan moda angkutan udara yakni Bandara Udara Internasional Hang Nadim Batam.

“Empat pelabuhan dan satu bandara ini menjadi pintu masuk wisman ke Batam,” sebut dia.*