Dua Hari Hilang di Laut, Nelayan Senayang Lingga Ditemukan Selamat

Dua Hari Hilang di Laut, Nelayan Senayang Lingga Ditemukan Selamat

26 Juli 2024
Proses penyelamatan nelayan Senayang yang dilaporkan hilang

Proses penyelamatan nelayan Senayang yang dilaporkan hilang

RIAU1.COM - Sebelumnya dilaporkan Mahmud, seorang nelayan dari Kampung Baru, Kelurahan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) hilang setelah berangkat melaut untuk mencari sotong pada Rabu, 24 Juli 2024, 

Berbekal pompong berwarna hijau, Mahmud berlayar sendirian menuju perairan Pulau Kentar, dan tidak kembali sesuai jadwal kebiasaannya pada pukul 23.30 WIB.

Kekhawatiran keluarga berujung pada laporan kehilangan yang disampaikan oleh istri Mahmud kepada tetangga, RT, dan Polsek Senayang. Menanggapi laporan tersebut, Kapolsek Senayang, Iptu Hendri, bersama anggota dan Camat Senayang, bergerak cepat mengumpulkan informasi dari sekitar.

"Setelah itu didapat informasi bahwa saudara Mahmud ini sering melaut di sekitar laut daerah Kentar, Pulau Gelombang," kata Kapolsek yang dimuat Batamnews.

Pada Jumat, 26 Juli 2024, sekitar pukul 10.30 WIB, upaya pencarian membuahkan hasil ketika Mahmud berhasil ditemukan di sekitar laut Pulau Kapas dalam keadaan sehat. 

Namun, perahu pompong yang dikendarainya mengalami kerusakan mesin akibat ombak yang kuat, menyebabkannya terapung di laut selama hampir dua hari.

“Jadi beliau terapung di laut lebih kurang dua hari sebelum berhasil ditemukan,”sebut Kapolsek.

Iptu Hendri pun mengingatkan dan mengimbau masyarakat, khususnya para nelayan, untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca sebelum melaut. 

“Kondisi cuaca saat ini cukup ekstrem, dengan angin dan ombak yang cukup tinggi, sangat penting untuk selalu waspada,”demikian Kapolsek.*