Cuaca di Karimun Kepri Sangat Panas, Capai 34,6 Derajat Celcius

13 Mei 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Gelombang panas selama sebulan terakhir melanda Kabupaten Karimun, dengan suhu udara mencapai rekor tertinggi yaitu 34,6 derajat Celcius.

Berdasarkan catatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Raja Haji Abdullah, kondisi cuaca panas ini melanda Karimun. 

Forecaster BMKG Kabupaten Karimun, Younggy H.M. Hutabarat, mengungkapkan bahwa suhu tertinggi tersebut tercatat pada tanggal 9 Mei 2023, yakni mencapai 34,6 derajat celcius. 

"Berdasarkan pengamatan di Stasiun Meteorologi Raja Haji Abdullah, suhu udara pada hari ini berada dalam rentang 30-34 derajat Celcius." kata dia seperti dimuat Batamnews.

Dia juga menambahkan bahwa rentang waktu dengan suhu udara tertinggi biasanya terjadi antara pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. Selain itu, BMKG memprediksi kondisi panas ini akan berlangsung dalam tiga hari ke depan.

Menurut Younggy, kondisi panas dengan suhu udara tinggi di Tanjung Balai Karimun diperkirakan akan berlanjut karena beberapa wilayah Indonesia sedang memasuki musim kemarau dan terjadi kurangnya tutupan awan. 

"Musim kemarau diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Agustus 2023," tuturnya.*