Air SPAM ke Rumah Warga Batam Bercacing

Air SPAM ke Rumah Warga Batam Bercacing

6 Januari 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Air SPAM atau air bersih di Batam tak hanya keruh, berbusa, berwarna putih hingga berbau, air spam di Batam juga bercacing.

Hal itu dirasakan sejumlah warga di beberapa daerah, seperti Nongsa. Keluhan air bercacing, juga sudah disampaikan warga ke medsos Air Batam Hilir (ABH), namun tak ada respon.

“Tadi dapat kabar dari teman yang tinggal di Batubesar kalau air mereka bercacing,” ujar Icha yang juga warga Nongsa yang dimuat Batampos.

Menurut dia, jumlah cacing itu tak hanya satu namun cukup banyak. Dan hampir terjadi sejak seminggu belakangan.

“Karena pakai penyaring makanya keliatan. Geli juga kalau sudah mendengar cacing ada di air bersih,” imbuh Icha.

Sementara Corporate Communication (Corcom) Spam Batam, Ginda Alamsyah mengatan keluhan penurunan kualitas air yang dialami warga Batu Besar, yang keruh dan mengandung cacing, sudah mendapat perhatian khusus dari PT ABHi. Keluhan itu pun akan segera ditindak lanjuti.

“Team ABHi langsung menyikapi dengan sigap, mendatangi pelanggan secara langsung, warga Batu Besar,” kata Ginda.

Kualitas air minum yang terkirim ke pelanggan monitor sesuai permenkes no 2 tahun 2023.

“Kejadian ini mungkin terjadi karena adanya infiltrasi air (sungai got dan air dari saluran lain nya) yang masuk ketika ada pipa bocor,” jelasnya lagi.

Menurut dia, Infiltrasi (masuknya) cemaran ke dalam aliran air perpipaan diduga terjadi saat pipa mengalami kebocoran. Ketika aliran dan tekanan air kembali normal akan ikut mengalir ke pelanggan.

Langkah yang diambil PT ABHi agar kejadian infiltrasi air tidak terulang kembali terjadi saat pipa bocor yaitu ketika selesai menyambung pipa bocor, harus dipastikan ada washout di kawasan kawasan perumahan menggunakan fasilitas washout yang telah tersedia, hydran – hydran umum yang di lewati, tujuannya agar kualitas air tetap terjaga.

“Alhamdulillah, keluhan mengenai air kotor di rumah pelanggan dalam beberapa saat sudah ditangani. Bagi Pelanggan yang mengalami ada penurunan kualitas air, silakan menyampaikan keluhan melalui seluruh saluran komunikasi resmi PT Air Batam Hilir. Kami akan melayani segera. Terutama jika ada pipa bocor, air mati dan gangguan lain nya, berpotensi mengganggu kualitas air ke rumah pelanggan,”papar dia.*