Ada JCH Berusia 85 Tahun di Kloter Pertama Embarkasi Batam

Ada JCH Berusia 85 Tahun di Kloter Pertama Embarkasi Batam

13 Mei 2024
JCH Kloter Pertama Embarkasi Batam/Dok. RRI

JCH Kloter Pertama Embarkasi Batam/Dok. RRI

RIAU1.COM - Seluruh jamaah calon haji (JCH) kloter pertama Embarkasi Batam yang berjumlah 446 diberangkatkan menuju Madinah, Arab Saudi tanpa adanya penundaan. 

Meski diantara ratusan JCH ada yang telah berusia lanjut, salah satunya yang tertua usia 85 tahun, namun kondisi kesehatan jamaah dipastikan sehat.

Berdasarkan keterangan Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii di Batam, Ahad (12/5), mengatakan JCH kloter 1 terdiri dari jamaah haji asal Kabupaten Natuna 61 orang, Kota Tanjungpinang 205 orang, Kabupaten Bintan 82 orang dan Kota Batam 93 orang. Kemudian ada petugas kloter lima orang, terdiri dari seorang ketua kloter, seorang pembimbing ibadah, dan tiga orang petugas kesehatan.

“Alhamdulillah untuk keberangkatan JCH kloter 1 tidak ada tertunda. Semua CJH berjumlah 446 orang dapat diberangkatkan sesuai jadwal,” ujar Syafii yang dimuat Batampos.

Sambung dia, berdasarkan jadwal keberangkatan penerbangan dari Batam pada pukul 06.59 WIB, dan akan tiba di Madinah pada pukul 11.50 waktu Arab Saudi (WAS).

“Mari sama-sama kita doakan semoga tidak ada kendala, semoga kloter satu ini jadi awal yang baik dan tepat waktu sehingga tidak mengganggu penerbangan yang lainnya,” tutur dia.

Adapun usia calon haji tertua pada kloter satu atas nama Murtini binti Sukimin dengan usia 85 tahun, dan usia termuda atas nama Muhammad Tesa bin Sumantri dengan 18 tahun yang menggantikan orangtuanya. Bahkan diantara yang berangkat di kloter satu juga tercatat sebanyak 20 calon haji menggunakan kursi roda.

“Insya Allah semuanya berjalan dengan lancar dan nanti akan kami evaluasi supaya lebih lancar lagi,” terang Syafii.*