MTQ ke VIII Kepri Dibuka Wamenag Zainut Tauhid di Dataran Gurindam 12

MTQ ke VIII Kepri Dibuka Wamenag Zainut Tauhid di Dataran Gurindam 12

21 September 2020
Wamenag buka MTQ Kepri 2020/suryakepri

Wamenag buka MTQ Kepri 2020/suryakepri

RIAU1.COM -TANJUNGPINANG-Musabaqah Tilawatil Quran ke-VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 di Dataran Gurindam 12, Depan Gedung Daerah Tanjungpinang, dimulai Sabtu (19/09) malamdan dibuka oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid.

Wakil Menteri Agama menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ini merupakan momentum untuk membangkitkan kembali kebersamaan dalam bingkai NKRI. Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia mempunyai punya warisan Islam yang sangat kaya sehingga menjadi, salah satu kiblat perkembangan Islam di dunia.


“MTQ sarat akan nilai kebesamaan dan kerukunan serta toleransi karena MTQ tidak identik dengam islam saja, namun dalam pelaksnaannya banyak melibatkan banyak tokoh agama lain,” kata Wamen.

Perhelatan MTQ menurut Zainut Tauhid jangan sampai terlewatkan untuk melahirkan bibit-bibit Qur’an yang handal. Karena telah banyak tokoh besar yang lahir dari perhelatan MTQ, kiprahnya telah mendunia dan membawa harum nama bangsa di tingkat Internasional.

“Mari kita jaga sportivitas demi menjaga keberkahan Al-Qur’an karena ajang ini untuk melahirkan talenta terbaik di bidang syiar Islam,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada MTQ Nasional ke-27 Tahun 2018 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang lalu, Provinsi Kepri masuk pada peringkat 10 besar dan berada pada urutan ke-4 dari 33 provinsi seluruh Indonesia.

Loading...

Dalam pada itu Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau selaku Ketua Penyelenggara MTQ dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan MTQ Provinsi Kepulauan Riau akan dilaksanakan dari tanggal 19 s/d 23 September 2020. Dengan membatasi jumlah undangan dan pengunjung tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan.


Pada pelaksanaan MTQ pada tahun ini jumlah cabang yang di Musabaqahkan sebanyak 8 cabang dan terdiri dari 46 golongan yakni sebagai berikut;Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hifzhil Qur’an / Menghafal Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cababang Khath Al-Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an dan Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an serta tambahan cabang baru yakni cabang Qira’at Murattal Remaja dan Qira’at Murattal Dewasa.

 
“Mohon doa dari kita semua seluruh warga Kepri agar pelaksanan musabaqah yang kita laksanakan pembukaannya pada malam hari ini dan sampai berakhirnya kegiatan ini pada malam tanggal 23 September, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar tentunya dengan aman, sehat dan terbebas dari Covid-19 serta penyakit lainnya sebagaimana harapan kita bersama,” harapnya.(suryakepri)