Sebulan Kandas di Terumbu Karang Pulau Batam, MV Shahraz Berbendera Iran Alami Keretakan

Sebulan Kandas di Terumbu Karang Pulau Batam, MV Shahraz Berbendera Iran Alami Keretakan

6 Juni 2020
Kapal Shahraz, kargo berbendera Iran kandas di periran Sambu, BAtam, Kepri.(suryakepri.com/fernando)

Kapal Shahraz, kargo berbendera Iran kandas di periran Sambu, BAtam, Kepri.(suryakepri.com/fernando)

RIAU1.COM -BATAM – MV Shahraz, Kapal Kargo kondisinya cukup memprihatinkan karena sudah sebulan kandas pada terumbu karang di perairan Batu Berhenti, Pulau Sambu, Kecamatan Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau.

Pantauan di lokasi, saat ini kapal bermuatan ratusan kontainer ini terlihat mulai mengalami keretakan tepat di bagian tengah kapal bahkan saat ini juga terlihat bahwa pihak agen kapal mulai melakukan pemasangan pelampung di sekeliling kapal, dengan mendapat pengawasan dari instansi terkait.

Tidak hanya itu, tepat di sebelah kanan kapal tersebut telah tersedia satu unit crane yang nantinya digunakan untuk memindahkan muatan kontainer yang masih berada di atas kapal.

Informasi yang didapat di lapangan, keberadaan alat berat crane tersebut akan digunakan untuk proses pemindahan muatan ke kapal kargo lain yang telah disediakan oleh agen asal Indonesia.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Polairud Polda Kepri, AKBP Wiwid Wibisono yang dikonfirmasi terkait kandasnya MV Shahraz mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan KSOP Tanjungbalai Karimun.


“Hasil koordinasi dengan KSOP Balai, tidak ada pelanggaran SOP di sana. Murni kecelakaan. Kapal kandas di atas batu dan sudah kami lihat, tidak ada pencemaran di sana,” kata Wiwid melalui aplikasi pesan singkat, Sabtu (6/6/2020).

Wiwid menjelaskan, untuk langkah evakuasi dan lainnya, pihak Polairud Polda Kepri hanya membantu pihak KSOP.

“Semua melalui KSOP, kita hanya bantu koordinasikan,” singkatnya(Surya Kepri)