Arang Tempurung Kelapa asal Bintan, Tembus Pasar Malaysia Sudah Ekspor 95,9 Ton

Arang Tempurung Kelapa asal Bintan, Tembus Pasar Malaysia Sudah Ekspor 95,9 Ton

5 Juni 2020
Pihak Karantina Pertanian Tanjungpinang saat mengecek arang tempurung kelapa sebelum diekspor ke Malaysia (Suryakepri.com/ist)

Pihak Karantina Pertanian Tanjungpinang saat mengecek arang tempurung kelapa sebelum diekspor ke Malaysia (Suryakepri.com/ist)

RIAU1.COM -BINTAN- Arang tempurung kelapa menjadi komoditas ekspor warga Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Sebanyak 10,2 ton arang tempurung kelapa diekspor CV. Bulan Bintang ke Malaysia dengan nilai Rp71,4 Juta.

Arang tempurung kelapa tersebut diangkut oleh kapal KM. Cahaya Rezeki 99 dengan tujuan pelabuhan Pasir Gudang – Malaysia, Rabu (3/06/2020). Kegiatan ekspor ini mampu menyerap produksi arang tempurung yang diolah oleh warga Bintan dan warga pulau-pulau disekitarnya.

“Ekspor arang ini awalnya cuma kegiatan sampingan kami, sambil kami ekspor komoditas ikan. Seiring berjalannya waktu ternyata bisa menjadi usaha prioritas karena permintaan mereka mulai rutin,” kata pemilik arang Ruslan dalam keterangan tertulisnya diterima Suryakepri.com, Jumat (5/6/2020).

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang Raden menambahkan, berdasarkan data ekspor arang ini sudah rutin dilaporkan dan disertifikasi oleh Karantina Pertanian Tanjungpinang.

“Hampir tiap bulan ada pengiriman, meski itu tergantung permintaan dari Malaysia,” Ujar Raden.Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian mencatat ekspor arang tempurung kelapa melalui pelabuhan Sri Bayintan Kijang Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dalam tahun 2020 ini telah mencapai 95,9 Ton dengan total nilai Rp671,3 juta.

Loading...

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil menyambut baik kegiatan ekspor arang ini dan menyatakan, kegiatan ekspor arang tempurung kelapa seperti ini sudah baik dan akan terus didukung.

“Untuk itu kami menyarankan agar arang tersebut kedepannya diolah lagi menjadi briket arang agar nilai jualnya lebih tinggi lagi,” ujar Ali.

Komoditas pertanian sektor perkebunan menjadi andalan ekspor di situasi pandemi saat ini. Selain arang, dari Bintan juga ada ekspor santan, tepung kelapa dan karet lempengan yang diekspor sampai ke Eropa. (Surya Kepri)