Gawat, Penderita Corona di Batam Sebagian Besar OTG

Gawat, Penderita Corona di Batam Sebagian Besar OTG

2 Juni 2020
corona ilustrasi

corona ilustrasi

RIAU1.COM -BATAM- Kota Batam dengan jumlah penduduk 1 juta lebih dan menjadi kota transit, belum mengindikasikan penurunan kasus corona. Terbaru Senin (1/6) sebanyak 12 kasus terkonfirmasi positif corona. Sehingga total penderita positif covid-19 di Kota Batam sudah mencapai 139 kasus. Dari jumlah itu, 43 kasus dirawat, 39 di karantina, 47 sembuh dan 10 meninggal.

Penambahan terjadi setiap hari dan kebanyakan adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Sehingga, Wakil Wako Batam Amsakar meminta warganya untuk mewaspadai OTG.

Amsakar menyampaikan hal itu berdasarkan data yang ada. Bahwa, Karena berdasarkan hasil tes PCR dari 127 orang yang positif covid-19 (data 31 Mei), sekitar 82 di antaranya adalah OTG.

“Orang tanpa gejala itu sama seperti kita dalam keadaan sehat tidak terdeteksi. Karena tidak menunjukkan tanda-tanda gejala pada umumnya,” kata Amsakar.

Amsakar juga meminta warga Kota Batam, untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti, tidak berkumpul-kumpul di tempat keramaian, menjaga jarak dan disiplin gunakan masker. Kemudian, mencuci tangan dengan sabun dan rajin berolahraga.


Tim penanganan Covid-19 Batam, sebut Amsakar, terus bekerja siang malam. Berbagai upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun, jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat yang tinggi, tidak akan berhasil.

“Jadi kesadaran masyarakat itu sangat penting. Tanpa ada kesadaran masyarakat, maka itu tidak akan berhasil,” jelasnya.(Suara Siber)