TMMD di Tanjung Belit Selatan Dimulai Pekan Ini

TMMD di Tanjung Belit Selatan Dimulai Pekan Ini

25 Juli 2024
Pembukaan TMMD di Tanjung Belit Selatan Kampar

Pembukaan TMMD di Tanjung Belit Selatan Kampar

RIAU1.COM - Pj Bupati Kampar, Hambali pertengahan pekan ini membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun 2024.

Pj Bupati Kampar Hambali menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Korem 013/WB dan Kodim 0313/KPR yang telah memilih Desa Tanjung Belit Selatan Kampar Kiri Hulu sebagai pusat pelaksanan TMMD tahun 2024.

"Kami berharap ini dapat memacu maksyarakat dan pemuda untuk lebih meningkatkan pertisipasi, atau upaya pembangunan dari berbagai bidang setiap daerah,"kata dia.

Dimana pada hakikatnya, sebut Hambali, dalam pembangunan, baik fisik maupun non fisik harus melalui kerjasama yang harmonis antara Pemerintah Daerah dengan TNI.

"Makanya melalui TMMD ini, semoga nantinya khusus di Desa Tanjung Belit Selatan dapat memeberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat,"ujar Hambali.

Sementara itu Dandim 0313/PKR Letkol Inf. Hadi Nugroho,SH,M.IP, usai upacara pembukaan menyampaikan bahwa selama TMMD  yang dilaksnakan hingga tanggal 24 Agustus 2024, para personil dari  atgas akan melakukan berbagai kegiatan pembangunan Fisik dan Non Fisik.

"Pembanguna fisik di Tanjung Belit Selatan nantinya akan dibangun oleh prajurit TNI yang meliputi pengupasan dan base jalan sepanjang 9.270 meter, pembangunan gorong-gorong 9 unit perbaikan box culvert 2 unit, sasaran non fisik (16 GIAT), 16 materi dengan pengerahan masyarakat 40 orang setiap kegiatan sasaran tambahan.

Kemudian rehab RTLH 3 unit, rehab MCK 3 unit, pembangunan sumur bor 3 unit, bersatu dengan alam (penanaman 2 ribu pohon), pembersihan lingkungan, rehab mushalah Al Muhajirin, BAAS stunting 10 paket ketahanan pangan.

Sementara untuk pembangunan non fisik, pertama akan dilakukan penyuluhan pertanian, kemudian penyuluhan KB Kesehatan bersama Dinkes dan Dinas KB, penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara bersama Kesbangpol.

"Selanjutnya penyuluhan peternakan dan perkebunan, penyuluhan pendidikan, penyuluhan hukum dan HAM, serta penyuluhan anti narkoba,"sebut Hadi.*