Tingkatkan Akuntabilitas, Pemkab Kampar akan Gunakan Aplikasi Siapadia

26 Oktober 2024
Bimtek penerapan aplikasi Siapadia di Kabupaten Kampar

Bimtek penerapan aplikasi Siapadia di Kabupaten Kampar

RIAU1.COM - Asisten III Setda Kampar, Ir. Azwan membuka bimbingan teknis (Bimtek) lanjutan replikasi aplikasi Sistem Aplikasi Pengumpulan Data Kinerja (Siapadia) pertengehan pekan ini.

Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Biro (Karo) Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setdaprov Riau, Dr. Kemal, Kabag Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja, Yeyet Maryeti, serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Dalam sambutannya, Ir. Azwan, M.Si menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan kelanjutan dari bimbingan teknis yang telah dilaksanakan pada akhir Agustus lalu. 

"Kita berharap aplikasi Siapadia ini sudah dapat digunakan secara penuh pada tahun 2025 mendatang," ujarnya.

"Dengan penerapan Siapadia, diharapkan seluruh OPD di Kabupaten Kampar dapat mengelola data kinerja secara lebih efektif dan efisien, guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pemerintahan,"sambung dia.

Sementara itu Karo Ortal Setdaprov Riau, Dr. Kemal menjelaskan bahwa aplikasi Siapadia merupakan salah satu komponen penilaian dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

"Aplikasi ini memuat data dan informasi yang berkaitan dengan perencanaan seperti RPJMD, Renstra, RKT, RKPD, dan Renja, serta mencakup pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi kinerja,"sebut Kemal.*