Tahun Depan Rp70 Miliar Digelontorkan Pemkab Kampar untuk Jaminan Kesehatan

Tahun Depan Rp70 Miliar Digelontorkan Pemkab Kampar untuk Jaminan Kesehatan

14 Oktober 2023
Pj Bupati Kampar, Firdaus

Pj Bupati Kampar, Firdaus

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar telah meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Kampar Melaju (JKKM) akhir pekan ini.

Program UHC Kampar Melaju ini merupakan jaminan kesehatan untuk masyarakat Kampar yang berobat hanya dengan menunjukkan KTP dan KK saja bagi yang sudah terdaftar BPJS Kesehatan.

"Anggaran untuk APBD perubahan khusus tahun ini lebih dari Rp 8 miliar digelontorkan ke jaminan kesehatan masyarakat miskin. Lalu diperkirakan untuk tahun depan mencapai Rp70 miliar," kata Pj Bupati Kampar, Firdaus. 

Adapun lokasi akses pelayanan kesehatan yang dapat dikunjungi yaitu seluruh Puskesmas di 21 kecamatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang atau RS swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Firdaus mengatakan, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Kampar. 

"Tanpa adanya kekhawatiran kesulitan finansial dalam mengaksesnya. Program UHC ini dikemas dalam program JK2M," kata Firdaus.

Lalu menurut Firdaus, program JK2M merupakan komitmen Pemkab Kampar dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kampar. 

"Jaminan kesehatan kampar melaju untuk masyarakat yang belum memiliki jaminan, Hanya KTP kampar dan dirawat di rumah sakit dengan fasilitas kelas III," jelasnya.

Namun, Firdaus menegaskan untuk bisa mendukung program UHC tersebut fasilitas kesehatan termasuk puskesmas dan rumah sakit di Kampar wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal.

"Selain itu juga wajib untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Sehingga masyarakat Kampar mendapatkan pelayanan kesehatan yang nyaman, dan berkualitas," pungkas Firdaus.*