Program Jaminan Kesehatan Kampar Melaju Diluncurkan

Program Jaminan Kesehatan Kampar Melaju Diluncurkan

13 Oktober 2023
Peluncuran Program Jaminan Kesehatan Kampar Melaju

Peluncuran Program Jaminan Kesehatan Kampar Melaju

RIAU1.COM - Universal Helath Coverage (UHC) Kabupaten Kampar yang diberi nama Jaminan Kesehatan Kampar Melaju (JK2M) Jum’at, (13/10/2023) diluncurkan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi Pj Bupati Kampar, M. Firdaus dan Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah II, Eddy Sulistijanto.

Gubri Syamsuar menyebutkan, program ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial kesehatan bagi masyarakat.

“Agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa menemui hambatan finansial,” ujar Gubri.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar, M. Firdaus memaparkan, program JK2M sendiri diperuntukan bagi masyarakat miskin dengan status KTP Kampar yang belum memiliki jaminan kesehatan.

“JK2M untuk masyarakat yang ber-KTP Kampar yang belum memiliki jaminan kesehatan. Dirawat di Rumah Sakit dengan fasilitas kelas III,” terang Firdaus.

Selain itu, Firdaus juga mengungkapkan pencapaian UHC Kabupten Kampar ini berkat adanya dukungan dan dorongan dari Gubri Syamsuar beserta jajaran.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur, atas dukungan dan dorongan beliau,” katanya.

Untuk diketahui, sejak tahun 2020 lalu Pemerintah Provinsi Riau telah meningkatkan tanggungan biaya kesehatan masyarakat miskin sebesar 55 persen.

Artinya, Pemerintah Kabupaten/Kota hanya perlu menanggung 45 persen dari dana kesehatan bagi masyrakat miskin di daerahnya masing-masing.

Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi masyarakat Riau yang kesulitan dalam mengakses sarana kesehatan.*