Program Desa Cantik Kabupaten Kampar, Upaya Perbaikan Pengelolaan Data

1 September 2024
Asisten II Setdakab Kampar, Suhermi

Asisten II Setdakab Kampar, Suhermi

RIAU1.COM - Sosialisasi dan pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian.

Acara ini dibuka Asisten II Setdakab Kampar, Suhermi, serta dihari oleh Kepala BPS Kampar, Budianto, dan Plt. Kepala Diskominfo Kampar, Irwan Muhammad, juga camat dan perwakilan desa-desa di Kabupaten Kampar yang menjadi target program Desa Cantik.

Dalam sambutannya Suhermi mengatakan Program Desa Cantik adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan kapasitas desa dalam mengelola data. 

"Program ini melibatkan berbagai pelatihan dan pendampingan bagi perangkat desa agar mampu menghasilkan data yang valid dan berkualitas. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya data statistik dalam mendukung pembangunan berkelanjutan,"kata dia.

Sementara itu Kepala BPS Kampar, Ir. Budianto menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan desa dalam menghasilkan data yang akurat dan berkualitas. Data ini akan menjadi pondasi yang kuat bagi perencanaan pembangunan yang lebih efektif dan efisien di Kabupaten Kampar.

"Dengan adanya program Desa Cantik ini, diharapkan seluruh desa di Kabupaten Kampar dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan data statistik yang lebih baik, serta mendukung inisiatif pemerintah pusat dalam mewujudkan Satu Data Indonesia. Program ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menciptakan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan,"papar dia.*