Ponpes Tahfiz Al Fatah Kampar, Didik Generasi Muda Jadi Penghafal Alquran

8 Mei 2023
Anak-anak penghafal Alquran di Ponpes Tahfiz Al Fatah di Desa Nagaberalih, Kampar Utara. Foto: Surya/Riau1.

Anak-anak penghafal Alquran di Ponpes Tahfiz Al Fatah di Desa Nagaberalih, Kampar Utara. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfiz Al Fatah didirikan oleh Yayasan Al Fatah di Desa Nagaberalih, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar. Ponpes Tahfiz ini fokus dalam pendidikan penghafal Alquran bagi generasi muda. 

Ketua Yayasan Al Fatah Ustaz Yusmadi Amran saat ditemui di lokasi, Sabtu (6/5/2023), mengatakan, Ponpes Tahfiz ini bertujuan untuk melahirkan generasi Qurani. Karena, Pesantren Al Fatah Kabupaten Kampar memiliki komitmen melahirkan generasi Qurani.

"Kami memberikan fasilitas dan kesempatan kepada anak-anak. Program kami ini gratis," ujarnya.

Pendidikan di ponpes induk, Ponpes Al Fatah di Desa Sedayan (Kampar Utara) juga gratis. Seluruh fasilitas dan biaya pendidikan gratis di Ponpes Al Fatah. 

"Hampir 150 orang yang kami gratiskan di Ponpes Al Fatah," ucap Ustaz Yusmadi. 

Sedangkan Ponpes Tahfiz Al Fatah ini bekerja sama dengan Ponpes Tahfiz di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Yayasan Al Fatah juga berafiliasi dengan salah seorang kiai yakni Ponpes Tahfiz Daarul Quran yang dipimpin Ustaz Yusuf Mansur. 

Yayasan Al Fatah memiliki beberapa program. Pertama, Ponpes Al Fatah di Desa Sedayan. Kedua, Panti Asuhan Al Fatah sekitar 150 anak. 

"Ketiga, Ponpes Tahfiz yang diresmikan oleh Penjabat (Pj) Sekdakab Kampar Azwan hari ini," jelas Ustaz Yusmadi. 

Keempat, Komunitas Peduli Anak Yatim (KPAY) Al Fatah Kampar yang membidangi khusus bagi anak yatim piatu. Kelima, Baitul Sadaqah yang bergerak di bidang sosial. 

"Program ini membantu orang sakit dan bedah rumah," jelas Ustaz Yusmadi. 

Ponpes Tahfiz Al Fatah ini diresmikan oleh Pemkab Kampar. Dalam peresmian Ponpes Tahfiz ini, Pj Sekdakab Kampar Azwan memberikan apresiasi yang sangat luar biasa. Ponpes Tahfiz ini sudah berhasil mendidik anak-anak menjadi penghafal Alquran. 

"Anak-anak didikan kami diuji oleh Pj Sekdakab Azwan. Mereka semua hafal ayat yang diujikan. Sekda mengaku merinding," ungkap Ustaz Yusmadi. 

Pemkab Kampar menilai Ponpes Tahfiz yang didirikan Yayasan Al Al Fatah ini  luar biasa. Pemkab Kampar memberikan dukungan untuk Yayasan Al Fatah dalam menciptakan generasi yang Qurani. 

Perlu diketahui, tambah Ustaz Yusmadi, Ponpes Tahfiz ini dihuni anak dari keluarga tak mampu, yatim piatu  dan santri berprestasi. Anak didik ini berasal dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan kabupaten tetangga.

"Kami mendidik anak-anak mulai dari tingkatan SD hingga SMA. Kami secepat mungkin menjadikan mereka penghafal Alquran," pungkas Ustaz Yusmadi.