Pj Bupati Hambali Bersyukur Inflasi Kampar di Angka 1,46 Persen

2 Oktober 2024
Rilis data perekonomian Kampar

Rilis data perekonomian Kampar

RIAU1.COM - Rilis inflasi bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar diikuti Pj Bupati Hambali pekan ini.

Pj Bupati Kampar H. Hambali, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPS Kabupaten Kampar yang hari ini telah melakukan rilis inflasi daerah Kabupaten Kampar.

"Alhamdulillah hari ini inflasi Kabupaten Kampar berada di angka 1,46 % dibawah angka inflasi pusat 2,51 persen,"kata dia.

Hambali juga mengatakan, capaian angka inflasi 1,46 persen ini tidak terlepas dari upaya dan kerja keras kita bersama terutama TPID Kampar bersama OPD terkait dalam pengendalian inflasi daerah.

"Pengendalian inflasi ini merupakan sesuatu hal yang saat ini sudah menjadi kebiasaan yang selalu kita lakukan, untuk itu mari kita selalu awasi dan terus berupaya untuk menjaga dan menstabilkan harga barang serta pendistribusian barang agar inflasi terus terkendali dengan baik,"tutur Hambali.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Kampar, Budianto menyampaikan bahwa pada bulan September 2024 terjadi inflasi m-to-m sebesar -0,44%, inflasi y-on-y sebesar 1,46% dan inflasi y-to-d sebesar -0,79%.

"Penyumbang utama deflasi bulan September 2024 secara m-to-m adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,42%. Komoditas penyumbang utama deflasi antara lain cabai merah, cabai rawit, udang basah, cabai hijau dan semangka,"papar dia.

Budianto juga mengatakan, penyumbang utama inflasi bulan September 2024 secara y-on-y adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,84%. Komoditas penyumbang utama inflasi pada kelompok ini adalah beras. Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya dengan andil 0,46%. Komoditas penyumbang utama inflasi pada kelompok ini adalah emas permata.

"Sedangkan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dengan andil 0,26%. Komoditas penyumbang utama inflasi pada kelompok ini adalah ketupat dan lontong sayur,"tuturnya.*