Pentingnya Keberadaan Jembatan Gantung Sipungguk Bagi Masyarakat Salo

5 Oktober 2024
Jembatan Gantung Sipungguk Kampar/RRI.co.id

Jembatan Gantung Sipungguk Kampar/RRI.co.id

RIAU1.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) Rahman Hadi melakukan peninjauan infrastruktur akses jalan Jembatan Gantung Sipungguk, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar akhir pekan ini.

Jembatan gantung yang terbentang sepanjang 220 meter ini merupakan jembatan penghubung antara Kecamatan Salo dan Salo Timur, dan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kini telah fungsional setelah diresmikan beberapa waktu lalu.

Keberadaan jalan tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk mempersingkat waktu dari Bangkinang Seberang yang akan menuju Kota Bangkinang melalui Salo. Jalan yang biasa ditempuh sejauh 10 kilometer, kini hanya berjarak 2 Kilometer.

"Sebelumnya, jalan dan jembatan ini belum berfungsi maksimal, namun karena kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten dalam pelaksanaannya kini sudah berfungsi dengan baik. Alhamdulillah kini sudah fungsional," kata Pj Gubernur Riau Rahman Hadi.

Setelah melakukan peninjauan jalan dan jembatan, Pj Gubernur Riau juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun ini akan menyelesaikan pembangunan jalan di ujung jembatan gantung menuju Salo dalam rangka memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

"Pemprov Riau juga membantu pembangunan jalan. Insyaallah tahun ini dikerjakan," pungkasnya.

Pj Bupati Kampar, Hambali mewakili masyarakat merasa bersyukur sebab jalan dan jembatan sudah lama mangkrak tersebut kini sudah fungsional. Masyarakat pun sudah dapat merasakan manfaat dari keberadaan jembatan yang telah dibangun.

"Asal sudah fungsional dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat cukuplah. Meskipun kendaraan kecil yang bisa lewat di sini," kata Hambali.

"Untuk kendaraan yang berat atau besar jangan sampailah lewat sini, kasian jalan dan jembatannya. Biarlah agak mutar dikit tapi sudah jelas terukur tonasenya," imbuhnya.

Hambali juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan di daerah Kampar. Ia juga berharap bantuan lain nantinya juga diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Saat peninjauan akses jalan Jembatan Gantung Sipungguk terlihat sudah banyak kendaraan bermotor yang melewati jalan tersebut sehingga keberadaan jembatan dan jalan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya Kabupaten Kampar.*