Pemkab Kampar akan Gelar Operasi Pasar di Setiap Kecamatan

Pemkab Kampar akan Gelar Operasi Pasar di Setiap Kecamatan

27 Februari 2024
Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali

Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali

RIAU1.COM - Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan pengendalian inflasi daerah yang dipimpin Inspektur Jenderal  (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir secara virtual awal pekan ini diikuti Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali.

Pj Bupati Kampar, Hambali mengatakan Kabupaten Kampar akan melakukan intervensi dan langkah upaya dalam percepatan pengendalian inflasi daerah.

"Agar harga barang di Kabupaten Kampar tidak melonjak, seperti cabai, bawang merah, bawang putih dan telur ayam, ini biasanya komoditas barang yang harganya terus naik," kata Hambali.

Untuk pengendalian inflasi ini, sebut dia, Pemkab Kampar akan melakukan operasi pasar di setiap kecamatan di Kabupaten Kampar.

"Operasi pasar ini akan rutin kita lakukan di setiap kecamatan bersama instansi terkait dan instansi vertikal, dengan demikian inflasi dapat kita kendalikan di Kabupaten Kampar ini, operasi pasar ini juga kita lakukan dalam rangka menghadapi bulan puasa ramadan dan hari raya Idulfitri, karena dalam fase ini biasanya harga barang baik," ucap Hambali.

Sementara itu, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir menyampaikan, bahwa sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga, perlu penanganan serius dari pihak terkait. Komoditas ini di antaranya beras, cabai merah, minyak goreng, dan ayam ras.

"Kepala daerah untuk bisa bahu membahu dan melakukan upaya upaya yang maksimal untuk mengatasi kenaikan dari inflasi tersebut," sebut dia.*