Pemda di Riau Diminta Optimalkan Dana Desa Hapus Kemiskinan Ekstrem

5 Oktober 2024
Kunjungan Kerja Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi di Kabupaten Kampar

Kunjungan Kerja Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi di Kabupaten Kampar

RIAU1.COM - Angka kemiskinan ekstrem telah ditargetkan pemerintah mencapai nol persen pada 2024. Adapun tingkat kemiskinan ekstrem di Riau pada 2024 ini sebesar 0,43 persen dan persentase penduduk miskin Riau sebesar 6,67 persen.

Seperti itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) Rahman Hadi saat silaturahmi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar di Ruang Rapat Kantor Bupati Kampar akhir pekan ini.

"Alhamdulillah persentase penduduk miskin di Riau pada 2024 lebih rendah dibandingkan nasional, yaitu sebesar 9,04 persen," sebut Pj Gubernur Riau.

Meskipun persentase penduduk miskin di Riau pada 2024 lebih rendah dibandingkan nasional, Rahman Hadi mengajak jajaran Pemkab Kampar dan kabupaten/kota di Riau untuk terus melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Rahman juga meminta agar Pemkab untuk mendata keluarga miskin ekstrem, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi, yang ditetapkan melalui SK Kepala Daerah untuk dapat menjadi sasaran prioritas utama program penanggulangan kemiskinan di daerah.

Kemudian mengoptimalisasi pemanfaatan dana desa untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan meminimalisir inclusion dan exclusion error (orang yang tidak berhak menerima, dan yang berhak tapi tidak menerima).

"Serta memastikan upaya penanggulangan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem terkonvergen (bersifat memusatkan) dan dilaporkan ke Gubernur Riau setiap Triwulan,"ujarnya.

Pj Gubernur Riau juga menghimbau Pemkab Kampar untuk mengkoordinasikan upaya penanggulangan kemiskinan dan percepatan penghapusan kemiskinan melalui sumber pendanaan dari unsur Non Pemerintah, baik dari filantropi maupun pihak swasta.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi target pemerintah untuk angka kemiskinan ekstrem mencapai nol persen bisa terwujud pada 2024," harapnya.*