Pelaku Usaha Perikanan Kampar Dibimbing di Sekolah Lapangan Iklim

18 Juli 2024
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kampar, Ir. Azwan

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kampar, Ir. Azwan

RIAU1.COM - Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kampar, Ir. Azwan membuka Sekolah Lapangan Iklim (SLI) tahun 2024, pertengahan mpekan ini.

Dalam pembukaan acara tersebut tampak hadir Anggota Komisi V DPR RI. DR Syarul Aidi Maazat.LC.

Sekolah Lapangan Iklim ini ditaja Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG).

Asisten III Azwan mengatakan, Kabupaten Kampar salah satu kabupaten andalan di Indonesia di sektor Perikanan budidaya yang mencapai 65.273.69 ton, terdiri dari 42.567.95 ton Kolam dan 22.705.73 ton keramba.

"Sejak tahun 2023 Kabupaten Kampar menjadi kampung perikanan budidaya oleh Kementrian Kelautan Dan Perikanan RI,"sebut Azwan.

Kemudian, dia juga menjelaskan saat ini perubahan iklim menjadi isu yang sangat penting yang berdampak kepada masyarakat.

"Semoga dengan adanya acara Sekolah Lapangan Iklim, pelaku usaha perikanan mengetahui pentingnya menjaga untuk mengurangi dampak kerugian pada sektor budidaya perikanan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim,"tutur Azwan.

Sementara itu Anggota Komisi V DPR RI, DR Syarul Aidi Maazat.LC dalam sambutannya menyebutkan bahwa, pengetahuan tentang iklim ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi petani ikan kolam, agar bisa meningkatkan produktifitas, penangan antisipasi bencana dan perkiraan cuaca melalaui Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG). 

"Kita berharap Sekolah Lapangan Iklim ini dapat diimplementasikan bagi petani kolam dan petani keramba yang ada di Kabupaten Kampar,"ujar Syahrul Aidi.*