Pacu Sampan di Desa Buluh Cina Kampar, Upaya Promosi Wisata Alam

Pacu Sampan di Desa Buluh Cina Kampar, Upaya Promosi Wisata Alam

19 Agustus 2024
Pacu Sampan Desa Buluh Cina

Pacu Sampan Desa Buluh Cina

RIAU1.COM - Telah sukses digelar Pacu Sampan di Desa Buluh Cina Kabupaten Kampar. Kegiatan ini digelar tiga hari, mulai tanggal 16 hingga 18 Agustus 2024. 

Kepala Desa Buluh Cina, Azrianto, bahwa hari ini terdapat dua laga yaitu semifinal dan final. Pada putaran final menyisakan tiga tim yang sekaligus turun langsung untuk memperebutkan juara 1, 2 , dan 3.

"Pada laga final ini, terdapat tiga tim yang langsung di mainkan untuk bertanding. Dari sinilah pedayung akan semakin bersemangat meraih juara satu," katanya.

Tujuan diadakannya Pacu Sampan di Buluh Cina, sebut dia tentu untuk membangkitkan batang terendam. Selain itu, juga untuk memperkenalkan keindahan alam di Desa Wisata Buluh Cina serta kearifan lokal yang masih lestari dan terjaga sampai dengan saat ini.

“Iven ini juga untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat Buluh Cina khususnya,” jelasnya.

Ia menerangkan, Pacu Sampan Bulu Cina tahun 2024 merupakan Iven yang kedua kali digelar sejak tahun 2023. Azrianto berharap Iven ini  dapat berjalan dengan sukses, karena selain memperebutkan uang tunai puluhan juta rupiah juga memperebutkan piala dan tropy dari Bupati Kampar.

“Kami ingin mengulangi masa kejayaan dulu, bisa bangkit dan terkenal seperti dulu lagi. Kami sangat berharap, Pacu Sampan ini masuk dalam kalender pariwisata baik di Kampar maupun di provinsi agar dapat dilaksanakan secara rutin dan lebih besar lagi," harapnya.

Kemudian, ia berkomitmen, iven tahunan ini bukan hanya sekadar ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi sarana untuk menemukan bakat-bakat muda potensial dalam olahraga dayung. Sehingga, nantinya lahir bibit atlet yang siap bersaing di level kompetisi lebih tinggi.

"Melalui kegiatan ini, kami juga bertekad untuk menciptakan bibit-bibit pedayung untuk di jadikan atlet yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau," ungkapnya.

Sebagai informasi, jenis lomba ditandingkan 500 meter putra 10 pendayung, 1 skiper, dan 1 penabuh gendang. Total Atlit yang berpartisipasi sebanyak 12 orang dalam satu sampan.

Adapun sejumlah hadiah yang dipersiapkan panita adalah, untuk juara 1 uang tunai sepuluh juta rupiah. Kemudian, untuk juara 2 sebanyak tujuh juta rupiah dan untuk juara 3 yakni, lima juta rupiah.

Berikut adalah daftar pemenang Pacu Sampan Buluh Cina 2024:

1. Juara I :  Tim Pemdes Buluh Cina B

2. Juara II:  Balam Jaya Tanjung Balam

3. Juara III: Buluh Cina Seberang