Lapas Kelas II A Bangkinang jadi Sasaran Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS

Lapas Kelas II A Bangkinang jadi Sasaran Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS

13 September 2024
Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS

Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS

RIAU1.COM - Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar, membuka sosialisasi pencegahan HIV dan AIDS serta Mobile VCT Bagi Warga Binaan (WB) Lapas Kelas II A Bangkinang pertengahan pekan ini.

Kegiatan ini digelar oleh Komisi Penaggulangan AIDS (KPA) dan Dinas Kesehatan Kampar yang dihadiri oleh Kalapas Kelas II A Bangkinang Edi Cahyono,  Ketua KPA Kampar yang diwakili Bendahara Zulhidayati dan warga binaan.

Sosialisasi VCT Mobile HIV/AIDS ini kegiatan merupakan pencarian atau penemuan penderita HIV/AIDS secara mobile/keliling yang menyasar ke sasaran kelompok yang menyasar ke sasaran kelompok beresiko. Voluntary Counseling and Testing /+(VCT) yaitu serangkaian tes untuk mengetahui apakah positif atau negatif mengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas layanan tes HIV kepada para tahanan, sekaligus memberikan edukasi mengenai pentingnya pencegahan dan penanganan HIV/AIDS di Lingkungan Lapas Kelas II Bangkinang.

Pj Sekda Kampar H. Ahmad Yuzar mengatakan bahwa berdasarkan data dari dinas Kesehatan Provinsi Riau, penemuan kasus penderita HIV Juli 2024 di Kabupaten Kampar sebesar 108 Kasus, sedangkan data penemuan kasus penderita AIDS sebesar 34 kasus.

“Kabupaten Kampar merupakan peringat 2 penemuan kasus terendah di Provinsi Riau, maka dari itu untuk melindungi bahayanya HIV/AIDS ini perlu ditingkatkan, Pemerintah Kabupaten Kampar akan selalu berupaya untuk melindungi masyarakat dari bahaya HIV/AIDS ini,"sebut dia.

“Saya mengajak semua untuk bersatu padu melakukan upaya pencegahan HIV dan AIDS ini, serta bagian dari strategi dan Aksi Nasional dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kampar berjalan dengan baik menuju tiga zero tahun 2030,"tutupnya.*