Kasad Jenderal Maruli Tutup TMMD ke-121 di Desa Gema Kampar

Kasad Jenderal Maruli Tutup TMMD ke-121 di Desa Gema Kampar

22 Agustus 2024
Penutupan TMMD ke-121 di Desa Gema Kampar

Penutupan TMMD ke-121 di Desa Gema Kampar

RIAU1.COM - Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun 2024 dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Riau, Rahman Hadi.

Kegiatan berlangsung di Stadion Gelora 45, Desa Gema, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Kamis (22/08/2024).

Apel ini dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Agenda itu diikuti pasukan TNI dan Polri, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, hingga pelajar setempat.

Dikatakan, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, bahwa TMMD mengusung tema Dharma Bakti untuk mempercepat membangun di wilayah. Hal ini merupakan bagian dari program kolaboratif lintas sektor yang dipelopori oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkai serta melibatkan berbagai unsur masyarakat.

"Program ini bertujuan untuk membantu mempercepat membangun di daerah-daerah yang terutama di wilayah tertinggal terpencil dan terluar. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat," kata dia.

Dijelaskannya, TMMD merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta bentuk kontribusi dalam percepatan pembangunan di daerah, terutama di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. Ia menerangkan, ada berbagai perbaikan infrastruktur yang telah dilakukan oleh pihaknya.

"Telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang meliputi Pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Seperti meliputi Pengupasan & Base Jalan sepanjang 9.270 M, Pembangunan Gorong – Gorong 9 Unit, Perbaikan Box Culvert 2 Unit," jelasnya.

"Kemudian, rehab rumah tidak layak huni 3 Unit, rehab MCK 3 Unit, Pembangunan Sumur Bor 3 Unit, Bersatu dengan Alam (Penanaman 2.000 Pohon), Pembersihan Lingkungan (Parit/Selokan), Rehab Mushalah Al Muhajirin, BAAS Stunting 10 Paket Ketahanan Pangan 3 HA, rehab sekolah dan lain sebagainya," lanjutnya.

Selain melaksanakan sasaran fisik, sambung dia, pelaksanaan non fisik juga memiliki peran yang sangat penting dengan melakukan berbagai kegiatan penyeluhan maupun sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara. Menurutnya, melalui dapat memperkuat ketahanan Nasional, pertanian, peternakan, Kam tibmas, pelayanan publik, serta ketahanan pangan bersama dengan masyarakat.

"Sasaran non fisik ini sangat esensial untuk membangun dan meningkatkan sumber daya masyarakat. Dalam kegiatan TMMD kali ini setiap satgas melaksanakan program unggulan TMMD TNI Angkatan Darat, dengan tujuan membantu kesulitan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi  menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada TNI atas dedikasi keras dalam membangun infrastruktur maupun fasilitas umum di Desa Gema. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat berlanjut di tahun mendatang.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan TMMD ini karena membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, kegiatan dilakukan merupakan bentuk kolaborasi bersama pemerintah daerah. Kita harapkan untuk program-program ke depan yang terkait dengan pembangunan masyarakat bisa terlaksana di tempat yang lain, terima kasih," tutur dia.*