Kampar Siapkan 5.800 Hektare Lahan Kawasan Industri

7 Juni 2024
Pemkab Kampar studi banding di Kawasan Industri Kendal

Pemkab Kampar studi banding di Kawasan Industri Kendal

RIAU1.COM - Menjajaki pendirian kawasan industri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melakukan studi banding ke Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

"Pendirian Kawasan industri ini sangat penting dalam mengangkat ekonomi masyarakat, serta dampak multyplayer efek terhadap keberadaan kawasan industri, terutama penyerapan tenaga kerja maupun dampak ekonomi lainya," kata Pj Bupati Kampar H. Hambali.

Tentunya ini, sambung dia, tidaklah perjuangan yang mudah dan banyak proses, tantangan yang harus dilalui.

"Bahkan ini telah dijajaki dan dirancang oleh para bupati sebelum kami, namun ini menjadi perhatian dan komitmen kita semua agar kawasan industri dapat kita lanjutkan, sehingga kawasan industri dapat berdiri di Kabupaten Kampar," ujarnya.

Usai pertemuan dengan Bupati Kendal dan jajaran Pemkab Kendal, Pj Bupati Kampar dan rombongan diajak meninjau ke lokasi Kawasan Industri Kendal. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Kendal yang telah sudi menyambut kami dan barbagi ilmu terkait dengan pendirian kawasan industri di Kampar, dukungan dan kerjasama kami harapkan terus berlanjut, bahkan kita juga meninjau langsung kawasan industri Kendal ini," sebut Pj Bupati Kampar Hambali. 

Pemkab Kampar, sambung dia, berkomitmen kuat untuk mendirikan kawasan industri, hal ini tentunya akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat.

"Dengan kunjungan ini, mari kita pelajari dengan seksama dan sungguh-sungguh, bagaimana trik dan cara sehingga dapat berdiri kawasan industri di Kampar," harap Hambali. 

Untuk mendukung ini, dia mengaku telah persiapkan lahan seluas 5.800 hekatre, yang berada di tiga kecamatan, namun ini semua berbatasan dengan kota Pekanbaru sebagai ibukota provinsi Riau.

"Tentunya dengan kunjungan ini kita akan meminimalisir kegagalan-kegagalan yang banyak dialami daerah lain yang telah mendirikan kawasan industri, dan Kendal telah melewati ini semua," demikian Pj Bupati Kampar Hambali.*