Kampar Kini Miliki Gedung PLHUT, Pelayanan Haji dan Umrah Diyakini akan Meningkat

12 Januari 2024
Peresmian gedung PLHUT Kampar

Peresmian gedung PLHUT Kampar

RIAU1.COM - Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar diresmikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Muliardi.

"Artinya, pusat layanan haji umroh terpadu untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat ini baru berupa gedung, adalagi langkahnya setelah ini untuk memberikan layanan kepada masyarakat dalam mulai pendaftaran sampai melunasi,"kata Muliadi.

Dia menambahkan, Kemenag terus membenah setiap saat, dengan diresmikan gedung PLHUT ini bisa dimaafkan untuk membantu pelayanan calon jamaah haji.

Dia juga berpesan terkait gedung pelayanan akan lebih meningkat, tadi dilihat di bawah ada ruangan conter bank untuk mempermudah calon jamaah haji.

"Tidak perlu hilir mudik lagi mengurus haji. Di gedung satu pelayanan untuk calon jamaah haji,"tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 M telah disepakati Pemerintah dan Komisi VIII dengan rata-rata sebesar Rp 93,4 juta. Sementara BIPIH yang harus dibayar jamaah rata-rata sebesar Rp56,04 juta.

Muliardi menjelaskan, untuk besaran biaya haji jamaah di embarkasi Batam lebih murah dari yang lainnya yakni sebesar Rp 91.198.048, jumlah yang dibayar sebesar Rp53.833.934,-, kemudian dikurangi RP. 25.000.000,- (uang waktu pendaftaran), sisa yang harus dibayar oleh jamaah tinggal lagi sebanyak Rp28.833.934.

"Waktu pelunasan BIPIH jamaah haji reguler ini dibagi dalam dua tahap. Pelunasan tahap pertama, dibuka dari 10 Januari s/d 12 Februari 2024, dan pelunasan tahap kedua, dibuka dari 20 Februari - Maret 2024. Untuk itu mari sama-sama kita sampaikan informasi ini kepada seluruh jamaah haji kita," jelas Muliardi.