Kampar Festival Perdana Digelar di Candi Muara Takus

Kampar Festival Perdana Digelar di Candi Muara Takus

18 Agustus 2024
Kampar Festival di Candi Muara Takus

Kampar Festival di Candi Muara Takus

RIAU1.COM - Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar bersama mahasiawa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada, gelar Kampar Festival, Ahad (18/8).

Dalam pembukaan Festival yang dilaksanakan di Areal Candi Muara Takus tersebut, hadir Sekda Kampar Ahmad Yuzar, didampingi Kasatpol PP Kampar Arizon,SE, Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar, Camat XIII Koto Kampar Zulfikar, Datuok Raja Dubalai, Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat. 

Ahmad Yuzar menyampaikan apresiasi dan ribuan terima kasih kepada para mahasiswa KKN-UGM yang telah menaja Kampar Festival perdana di Candi Muara Takus.

Walaupun ditempatkan di dua desa, yakni Desa Koto Masjid dan Desa Muara Takus, namun anak-anak mahasiswa ini bisa menggelar berbagai kegiatan di dua desa tersebut. Seperti hari ini di Muara Takus digelar Kampar Festival, dan beberapa hari kedepan kegiatan Mengonang Kampuong Taondam di Desa Koto Masjid.

"Kita dididik, bagaimana kita bisa mengabdi kepada masyarakat,"kata Yuzar 

Dengan demikian, melalui Festival ini, sambung dia, bagaimana kita terus bisa melestarikan nilai-nilai yang telah ditanamkan para leluhur melalui adat dan budaya yang tumbuh dan berkembang, khususnya di XIII Koto Kampar dari dahulu sampai sekarang. 

"Sekali lagi, hal ini perlu dilestarikan dan diturunkan agar terus tumbuh kembang di daerah kita ini. Jangan sampai hilang di muka bumi, seperti seni yang ditampilkan tadi badikiu, basiacuong, calempong, drama, serta musik tradisional,"pinta Yuzar.*