Jemaah Haji Kampar Tahun Ini 89 Orang Reguler, 19 Orang Tambahan

24 Maret 2024
Kunjungan Plt Kakanwil Kemenag Riau, Dr Muliardi ke Kanwil Kemenag Kampar

Kunjungan Plt Kakanwil Kemenag Riau, Dr Muliardi ke Kanwil Kemenag Kampar

RIAU1.COM - Kunjungan dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Riau, Dr Muliardi ke Kemenag Kabupaten Kampar untuk memantau persiapan pelaksanaan keberangkatan Haji Tahun 1445 H. 

"Sesuai arahan Menteri Agama, bahwa seluruh Kanwil Kemenag diharapkan memantau langsung persiapan Haji di setiap daerah,"kata Dr Muliardi akhir pekan ini.

Dr Muliardi menjelaskan bahwa, penyelenggaraan Haji tahun ini harus paripurna.

"Sesuai arahan Menteri Agama bahwa menginginkan setiap Kanwil untuk memastikan ke tiap-tiap Kantor Kabupaten Kemenag tidak hanya sekedar data di atas kertas,"ujarnya.

Kemudian juga ia menjelaskan untuk memastikan dan kawal terus setiap detail permasalahan tiap jamaah yang masih belum tuntas hingga hari ini. 

Dengan motto pelaksanaan haji tahun ini yaitu mengusung tagline "Haji Ramah Lansia", Muliardi menginginkan motto tersebut harus diemban.

"Maka dari itu kesehatan jamaah adalah hal nomor satu yang harus di prioritaskan,"sebut dia.

"Sesuai arahan dari Pusat, menjelang tanggal 24 Maret 2024 ini harus sama-sama kita kejar untuk bisa meneyelesaikan masalah isthitaah tersebut," tambah Muliardi.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kampar Fuadi menjabarkan data jamaah calon haji Kabupaten Kampar untuk tahun ini. Total seluruh jamaah Kampar per 21 Maret 2024 yakni 808 orang, dengan 789 orang jamaah reguler dan 19 orang jamaah tambahan. 661 jamaah reguler dan 120 jamaah cadangan telah melakukan pelunasan, dan sisa 26 jamaah yang masih belum melakukan pelunasan.

"Per hari ini masih ada 9 jamaah yang menunggu isthitaah dan 3 jamaah yang tidak mendapatkan isthitaah yang artinya mereka tidak bisa diberangkatkan," jelas Fuadi.*