Dievaluasi Kemendagri, Hambali Percaya Diri Sebut Inflasi Kampar Menurun Signifikan

Dievaluasi Kemendagri, Hambali Percaya Diri Sebut Inflasi Kampar Menurun Signifikan

1 Juli 2024
Kinerja Pj Bupati Kampar Hambali Dievaluasi Irjen Kemendagri

Kinerja Pj Bupati Kampar Hambali Dievaluasi Irjen Kemendagri

RIAU1.COM - Laporan kinerja triwulan II disampaikan Pj Bupati Kampar Hambali pada Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) di Jakarta, Senin (1/7)

Mendampingi Pj. Bupati Kampar diantaranya Pj. Sekretaris Daerah Kampar Ahmad Yuzar, Sekretaris Dewan Kampar Ramlah,  Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan, dan pejabat lainnya.

Dalam pemaparan laporan tri wulan ke II ini, Pj. Bupati Kampar Hambali menjelaskan berdasarkan rilis BPS Kabupaten Kampar selama 3 bulan terakhir (Maret , April dan Mei), inflasi month-to-month (Bulan ke Bulan) mengalami penurunan yang signifikan, dimana pada maret sebesar 0,67%, pada april sebesar 0,03% dan pada mei sebesar -0,27% (terjadi deflasi).

"Hal ini menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan pemerintah kabupaten dalam mengendalikan inflasi  memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan angka inflasi selama 3 bulan terakhir," kata Hambali.

Dia juga menjelaskan, upaya konkret yang dilakukan oleh Pemkab Kampar dalam pengendalian inflasi diantaranya adalah dengan memberikan bantuan benih sayuran, unggas, cabai, kangkung, bayam, jagung, bantuan ayam kube, benih padi, pupuk, pakan ikan serta peralatan perlengkapannya kepada kelompok wanita tani hampir di setiap desa di Kabupaten Kampar.

"Pemkab Kampar akan berupaya melakukan kerja sama dengan kabupaten penghasil kebutuhan pokok yang ada di Provinsi Sumatera Barat, seperti Kabupaten Solok, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Kabupaten Kampar. Diantaranya kerjasama dalam distribusi beras dan sayuran serta kebutuhan pokok lainnya," papar dia.

Dalam kesempatan ini Pj Bupati Kampar menyampaikan bahwa Pemkab Kampar siap menerima masukan, pandangan maupun catatan yang diberikan tim evaluator demi perbaikan tata kelola pemerintahan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kampar. 

“Mohon bimbingan dan masukan kepada kami dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab selaku Pj Bupati Kampar,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Evaluator, Dr. Teguh Narutomo, pada kesempatan ini memberikan beberapa saran kepada Pemkab Kampar, diantaranya menyarankan harus ada intervensi program kegiatan, begitu juga terhadap anggaran harus terus-menerus ditingkatkan. 

"Dengan anggaran yang tersedia, Pemkab Kampar bisa membuat terobosan yang dapat menggesa program penanganan inflasi di Kabupaten Kampar," ujar Dr Teguh.*