BLK Kampar Diverifikasi Faktual, Berharap Dapat Anggaran Kemenaker

27 Mei 2024
Usai Verifikasi Faktual UPTD BLK Kampar

Usai Verifikasi Faktual UPTD BLK Kampar

RIAU1.COM - Plt Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar, Sasminedi, mendampingi Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Andri Susila, untuk melakukan verifikasi faktual ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenagakerja Kabupaten Kampar.

Kepala BBPVP Andri Susila, usai melakukan verifikasi faktual mengatakan, UPTD BLK kampar layak dapat kegiatan dan anggaran Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker).

"UPTD BLK Kampar layak dapat kegiatan dan anggaran Kementerian Tenaga Kerja," kata Andri.

Lalu Andri menambahkan, verifikasi faktual mesti dilakukan untuk memastikan kesiapan lembaga UPTD BLK Kampar terhadap apa yang telah didaftarkan ke Kementrian Tenagakerja RI, verifikasi tersebut kesiapan sarana prasarana, SDM, dan unsur penunjang.   

"Anggaran kegiatan sarana prasarana transformasi BLK tahun 2023 hingga 2024 diperkirakan mencapai Rp 2,03 triliun untuk 13 BLK di daerah," sebut dia lagi.

Sementara Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Tenagakerjaan Kampar, Sasminedi mengatakan bahwa Kabupaten Kampar menjelaskan bahwa, di Kampar sudah ada Perbup 11 tahun 2023 Pembentukan UPTD BLK Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja.

"Di UPTD BLK ini akan di isi oleh pejabat eselon IV dan kelompok fungsional, dan kelompok jabatan pelaksana. UPTD Kampar sementara sudah memiliki 5 jurusan pelatihan, antara lain,  menjahit,  membordir, komputer, kelistrikan, dan otomotif sepeda motor," sebut dia.

Sasminedi juga menyampaikan, ke depan keberadaan UPTD BLK Kampar dapat menjadi solusi untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Kampar dengan memberikan pelatihan vokasi bagi masyarakat Kabupaten Kampar.*