Bulan Mei Tahun Ini Jabatan Bupati Berakhir, Catur Beri Pesan Khusus dalam Musrembang

Bulan Mei Tahun Ini Jabatan Bupati Berakhir, Catur Beri Pesan Khusus dalam Musrembang

23 Februari 2022
Bupati Kampar, Catur Sugeng hadiri Musrenbang

Bupati Kampar, Catur Sugeng hadiri Musrenbang

RIAU1.COM - Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Tapung, Tapung hilir, Tapung Hulu diikuti Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri.

“Penjaringan aspirasi yang diharapkan nantinya bisa dapat usulan rencana program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam rencana kerja Pemerintah daerah, atau RKPD dan menjadi dasar penyusunan kebijakan umum APBD prioritas dan plafon anggaran sementara serta rancangan APBD tahun anggaran 2023.”ujar Catur

Dia juga menjelaskan apa yang harus didiskusikan akan menjadi acuan dan finalnya akan menjadi APBD tahun 2023. Salah satu proses pengambilan keputusan dengan pendekatan partisipatif dalam kebijakan daerah adalah melaksanakan Musrenbang di Kecamatan yang merupakan arena strategis untuk para pemangku kepentingan dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan seluruh pelaku pembangunan yakni pemerintah Kabupaten, DPRD, masyarakat dan pihak swasta.

“Kita melakukan pertemuan hari ini merupakan pertemuan strategis dengan tujuan yang pertama membahas dan menyepakati usulan perencanaan pembangunan Desa yang menjadi kegiatan prioritas di Kecamatan.”ucap Catur.

Selanjutnya kata Bupati Kampar lagi, melakukan klasifikasi atas prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah Kabupaten Kampar agar tercapainya singkronisasi perencanaan pembangunan yang di mulai dari tingkat bawah atau bottom up planning atau perencanaan yang berdasarkan dari tingkat atas diharapkan kepala seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar mencermati setiap usulan yang disampaikan.

“Kepada saudara Camat agar mempersiapkan berita acara yang disampaikan hasil pelaksanaan Musrenbang yang dilampirkan dengan notulen rapat untuk sepakati dan disetujui secara bersama-sama.”ujar Catur

Bupati Kampar juga mengatakan bahwa pada bulan Mei Tahun ini masa kepemimpinannya berakhir, oleh sebab itu Menteri Dalam Negeri mengeluarkan instruksi no 70 tahun 2021 tentang penyusunan rencana pembangunan daerah bagi daerah yang masa kepemimpinannya berakhir pada tahun 2022.

“Jadi semua sudah diatur, walaupun jabatan Bupati berakhir pada bulan Mei namun sudah ada aturannya dari tahun 2023 sampai 2026.” sebut Catur.*