Capai 10 Ribu Ekor, Seperti Ini Konsep Pengelolan Ternak Sapi Bersama di Desa Rimba Makmur Kampar

Capai 10 Ribu Ekor, Seperti Ini Konsep Pengelolan Ternak Sapi Bersama di Desa Rimba Makmur Kampar

2 September 2021
Saat kunjungan Gubri Syamsuar di Desa Rimba Makmur

Saat kunjungan Gubri Syamsuar di Desa Rimba Makmur

RIAU1.COM - Keseriusan warga di Desa Rimba Makmur dalam beternak sapi patut diapresiasi. Gubernur Riau Syamsuar hadir langsung ke desa ini untuk melihat peternakan sapi di desa tersebut. 

"Semoga apa yang sudah dicanangkan oleh kepala desa bersama warganya di desa ini bisa berkembang dan tumbuh dengan baik dan berdampak terhadap masyarakat secara luas," kata Gubri Syamsuar.

Hampir seluruh warga yang bermukin di desa ini memiliki ternak sapi di tempat tinggalnya masing-masing. Tidak heran jika sapi menjadi pekerjaan sampingan yang mampu menopang perekonomian keluarga.

Total jumlah sapi ternak yang dikelola oleh warga di desa Rimba Makmur hingga saat ini sudah mencapai 10 ribu ekor sapi. 

Dengan total luas lahan untuk gembala seluas 7 ribu hektare. Sedangkan untuk lahan pakan untuk ternak sapi yang disiapkan seluas 6 hektare.

Loading...

Menariknya, di desa ini ada banyak program yang digulirkan agar masyarakat bisa menjadi peternak sapi. Diantaranya adalah program bantuan sapi bergilir dari badan amil zakat desa Rimba Makmur.

"Kita sudah menyalurkan bantuan sebanyak 130 ekor sapi indukan kepada masyarakat melalui program jual sapi berzakat," kata Kepala Desa Rimba Makmur, Rustamji, SH saat menerima kedatangan rombongan Gubri Syamsuar dari dalam kegiatan Pencanangan Zona ekonomi Syariah di halaman kantor Desa Rimba Makmur.*