Sekdako Pekanbaru Pimpin Pertemuan Green Cities Mayor Council di Thailand

Sekdako Pekanbaru Pimpin Pertemuan Green Cities Mayor Council di Thailand

21 Agustus 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjadi saat memimpin pelaksanaan GCMC di Hat Yai Hotel, Thailand, pada 20 Agustus 2024. Foto: Istimewa.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjadi saat memimpin pelaksanaan GCMC di Hat Yai Hotel, Thailand, pada 20 Agustus 2024. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru, yang terpilih sebagai Ketua IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) untuk periode 2024-2026, mendapatkan kehormatan untuk membuka dan memimpin rapat Green Cities Mayor Coucil (GCMC) 2024 ini. Sebanyak 37 kabupaten dan kota dari ketiga negara tersebut membahas strategi tata lingkungan perkotaan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menjadi sorotan internasional saat memimpin pelaksanaan Green Cities Mayor Council (GCMC) 2024. Pertemuan bergengsi ini digelar di Hat Yai Hotel, Thailand, pada 20 Agustus. Pertemuan ini diikuti oleh delegasi dari tiga negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Isu utama dalam IMT-GT 2024 ini berfokus pada strategi pengelolaan lingkungan perkotaan. Pemko Pekanbaru mengedepankan portofolionya dalam sektor transportasi, pengelolaan limbah padat, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Dalam forum ini, Pemko Pekanbaru juga memaparkan berbagai inisiatif terkait perubahan iklim dan proyek penghijauan kota, termasuk keanekaragaman hayati lintas batas perkotaan.

"Sebagai pemimpin pertemuan, kami tidak hanya membuka diskusi. Tetapi, kami juga berbagi pengalaman dalam mengelola keberlanjutan lingkungan perkotaan," kata Indra Pomi.

Pemko mendukung program strategis nasional di Pekanbaru. Pemko juga mengusulkan ide-ide baru terkait lingkungan, transportasi, dan pengelolaan limbah.

Keberangkatan delegasi Pemko Pekanbaru ke Thailand kali ini adalah untuk menghadiri rangkaian acara IMT-GT 2024. Dalam acara IMT-GT pada 7-9 Agustus 2023, Kota Pekanbaru resmi mengambil alih kepemimpinan GCMC IMT-GT dari Kota Ipoh, Malaysia, untuk periode 2024-2026. Sebagai ketua baru, Pekanbaru bertanggung jawab memimpin rapat-rapat GCMC di berbagai kota, termasuk di Hat Yai, Thailand.