Sejarah 4 Januari: Lahirnya Isaac Newton, Bapak Fisika yang Sukses Mengubah Dunia

Sejarah 4 Januari: Lahirnya Isaac Newton, Bapak Fisika yang Sukses Mengubah Dunia

4 Januari 2021
Isaac Newton (Foto: Istimewa/Okezone.com)

Isaac Newton (Foto: Istimewa/Okezone.com)

RIAU1.COM - Hari ini tahun 1643, Isaac Newton dilahirkan di Woolsthrope, Inggris.

Newton dianggap berkontribusi besar dalam bidang matematika, fisika, kimia, dan astronomi dikutip dari inews.id, Senin, 4 Januari 2021.

Salah satu kiprahnya yang mampu mengubah dunia adalah teori gravitasi dan kalkulus. Tak hanya itu, teleskop modern, pengembang analisis spektral juga membuat namanya akan tetap dikenal dalam sejarah peradaban manusia.

Untuk hukum gravitasi terjadi ketika Newton muda sedang duduk di bawah pohon di pertanian keluarganya saat apel jatuh di atasnya.

Newton mengemukakan jika gaya gravitasi menarik apel dari pohon, maka berpeluang juga melakukan tarikan terhadap benda lain. Teori Newton membantu membuktikan semua benda, sekecil apel dan seberat planet, tunduk pada gravitasi.

Gravitasi membantu menjaga planet berputar di sekitar Matahari dan menciptakan pasang surut sungai. Hukum Newton juga menyatakan, tubuh yang lebih besar dengan massa lebih berat melakukan tarikan gravitasi lebih besar.

Itu sebabnya, astronot yang berjalan di Bulan yang jauh lebih kecil masanya mengalami rasa tidak berbobot karena tarikan gravitasinya rendah.