Sejarah 24 November: Benarkah Carles Darwin Pernah Menyebut Manusia Berasal Dari Kera ?

Sejarah 24 November: Benarkah Carles Darwin Pernah Menyebut Manusia Berasal Dari Kera ?

24 November 2020
Charles Darwin (Foto: Istimewa/internet)

Charles Darwin (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Charles Robert Darwin seorang ahli biologi tepat hari ini mempublikasikan teori evolusi bikinannya tahun 1858.

Teori evolusi ini diperkenalkannya dalam sepucuk surat yang dibacakan pada pertemuan Linnean Society setahun setelah dia membuatnya dikutip dari inet.detik.com, Selasa, 24 November 2020.

Namun setelah diperkenalkan, banyak orang menjadi salah kaprah karena beranggapan bahwa manusia berasal dari kera. Faktanya, Darwin sendiri tak pernah menyebutkan bahwa manusia berasal dari kera.

Itu karena Darwin sendiri jarang berkomentar tentang hubungan antara teorinya dan masyarakat manusia.

Tetapi ketika mencoba menjelaskan ide-idenya kepada publik, Darwin meminjam konsep-konsep yang dipahami secara luas, seperti survival of the fittest dari sosiolog Herbert Spencer.

Untuk diketahui, teori evolusi Darwin menyatakan bahwa spesies bertahan melalui proses yang disebut seleksi alam.

Loading...

Di mana mereka yang berhasil beradaptasi atau berevolusi untuk menerima perubahan habitat alami mereka. Melalui pengamatan dan penelitiannya terhadap burung, tanaman, dan fosil, Darwin memperhatikan kesamaan di antara spesies di seluruh dunia.

Ini membuatnya percaya bahwa spesies yang kita kenal sekarang secara bertahap berevolusi dari nenek moyang yang sama.

Barulah setelah dikenal orang, pada 1859 ia menerbitkan penjelasan terperinci tentang teorinya dalam karyanya yang berjudul On the Origin of Species by Means of Natural Selection.