Sejarah 6 Oktober: Instagram Diperkenalakan Perdana ke Publik

Sejarah 6 Oktober: Instagram Diperkenalakan Perdana ke Publik

6 Oktober 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Aplikasi yang menjadi terobosan baru dalam hal jejaring sosial berbasis foto dan video, Instagram diperkenalkan ke publik hari ini tahun 2010.

Awalnya Instagram hanya tersedia di Apple App Store, lambat laun para pengembang juga menghadirkannya di Playstore dikutip dari kompas.com, Selasa, 6 Oktober 2020.

Semua berawal dari gagasan yang dibawa Kevin Systrom dan Mike Krieger. Keduanya merupakan lulusan dari Stanford University, Amerika Serikat.

Pengalaman bekerja di Twitter dan Google membuat mereka mengembangkan usahanya sendiri dengan aplikasi yang mereka beri nama mengembangkan Burbn.

Proyek ini merupakan pengembangan aplikasi berbasis lokasi yang dipadukan dengan fotografi mobile. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto dan melakukan check in di suatu lokasi.

Lantaran terlalu mirip dengan aplikasi berbagi lokasi yang sudah populer terlebih dulu, Foursquare, Systrom dan Krieger memutuskan untuk fokus mengembangkan aplikasi berbagi foto dan video, disertai fitur likes dan comments yang diberi nama Instagram. 

Penamaan itu perpaduan instant dengan gram yang berasal dari kata telegram. Diharapkan Instagram seperti telegram yang memberikan informasi cepat, dan tersaji instan.