Sejarah Penciptaan PCB, Komponen Vital Elektronik

2 Oktober 2020
Ilustrasi papan PCB (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi papan PCB (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Hampir sebagian orang di era ini tak bisa terlepas dari barang-barang elektronik. Di sebagian besar barang elektronik itu memiliki komponen yang bernama PCB.

PCB merupakan singkatan dari printed circuit board atau papan rangkaian cetak atau papan sirkuit cetak dikutip dari beacukai.go.id, Jumat, 2 Oktober 2020.

PCB merupakan board yang mengkoneksikan komponen-komponen elektronik secara konduktif dengan jalur, pads, dan via dari lembaran tembaga yang dilaminasikan pada substrat non konduktif.

Cara kerjanya, saat rangkaian dihubungkan dengan sumber tegangan, maka jalur-jalur pengawatan pada PCB akan berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Jalur-jalur pengawatan tersebut akan menghubungkan satu komponen dengan komponen yang lain secara terpadu, sehingga berbentuk suatu rangkaian elektronik.

PCB juga dapat berbentuk 1 layer, 2 layer atau banyak layer. Dapat dijumpai di hampir semua peralatan elektronika seperti handphone, televisi, mobil, motor, dan lainnya.

PCB ditemukan oleh seorang ilmuwan Austria, Paul Eisler pada tahun 1936. Paul Eisler menggunakan PCB pertama kalinya di sebuah rangkaian Radio.

Kemudian pada tahun 1943, Amerika Serikat mulai memanfaatkan teknologi PCB ini pada Radio Militer dalam skala yang lebih besar lagi.