Swalayan Buka Hingga Tengah Malam Saat Corona, Pemerintah Malaysia Mulai Bersikap Tegas

Swalayan Buka Hingga Tengah Malam Saat Corona, Pemerintah Malaysia Mulai Bersikap Tegas

30 Maret 2020
Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob.

Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob.

RIAU1.COM -Pemerintah Malaysia membatasi jam kerja restoran dan toko swalayan pada fase kedua dari perintah pengendalian  pergerakan (MCO) yang mulai berlaku pada 1 April 2020. Hal guna membendung penyebaran COVID-19.

Dilansir dari Antara, Senin (30/3/2020), Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob di Kuala Lumpur mengatakan, tempat-tempat usaha ini hanya akan diizinkan beroperasi dari jam 08.00 sampai jam 20.00 waktu setempat. Layanan pengiriman makanan daring juga akan dibatasi pada jam kerja yang sama selama fase kedua MCO.

"Selama fase kedua MCO, yang dimulai pada 1 April, pemerintah akan meningkatkan pembatasan. Saat ini, kami menemukan beberapa toko swalayan beroperasi hingga tengah malam," katanya.

Karena itu, pihaknya telah memutuskan dalam pertemuan Senin ini bahwa toko swalayan dan restoran hanya dapat beroperasi dari jam 08.00 sampai jam 20.00. Sedangkan tempat makan akan terus dibatasi hanya untuk layanan yang dibawa pulang.

Hal yang sama berlaku untuk pompa bensin dan layanan pengiriman makanan. Untuk layanan pengiriman, Ismail Sabri mengatakan pengirim didorong untuk memberikan makanan mereka di luar rumah pelanggan tidak boleh masuk ke rumah.

"Kita harus mencoba menghindari kontak dengan orang lain, untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus," katanya.

Sedangkan untuk transportasi umum pukul 06.00 - 10.00 dan 17.00  - 22.00  akan tetap sama di tahap kedua MCO. Taksi dan layanan daring dapat beroperasi tanpa henti mulai pukul 06:00 hingga 22:00.