Jumat, 20 September 2019

INTERNASIONAL

Setelah Ditinggal Pergi Jemaah Haji, Begini Suasana Hotel Di Mekah

news24xx


Hotel Ru'ya Al Mina terlihat sepi (Foto: Istimewa/ihram.co.id) Hotel Ru'ya Al Mina terlihat sepi (Foto: Istimewa/ihram.co.id)

RIAU1.COM - Pasca berakhirnya ibadah musim haji 2019 atau 1440 Hijriah, maka berkurang pula aktifitas jemaah yang berada di Mekah, Arab Saudi. Dikutip dari ihram.co.id, Minggu, 25 Agustus 2019, untuk jamaah asal Indonesia saat ini sudah 57.923 orang yang meninggalkan Arab Saudi.



BACA JUGA : Aktivis Demokrasi Desak Kongres Amerika Serikat Dikte Pemerintah Cina Soal Hong Kong

Iklan Riau1

Sementara ribuan jamaah dari negara lainnya juga sudah meninggalkan Kota Makkah menujuk ke Madinah sejak beberapa hari terakhir. Lalu bagaimana kondisi hotel yang ada di Mekah?.

Hotel yang berada di sekitar wilayah Syisah kondisinya terlihat kosong dan hanya lampu luar hotel di lobi saja yang dibiarkan menyala. Selebihnya, gelap gulita. Selain itu, hanya terlihat satu atau dua orang petugas hotel berjaga.

Hotel yang sepi itu salah satunya bernama Hotel Yasier yang diberi nomor 110. Bangunan ini ditinggali oleh jamaah haji asal embarkasi Batam. Kemudian, Hotel 320 (Ru'ya Al Mina Hotel) dan 321 (Al Qimmah Atlas Hotel) ditinggal oleh jamaah asal embarkasi Padang yang juga kosong.

Hotel di kawasan Syisah itu kebanyakan ditempati oleh jamaah dari embarkasi Sumatra. Itu karena Syisah jaraknya sekitar 3-4 kilometer dari Masjid Al Haram. Serta kawasan Syisah ini lebih dekat dengan kawasan Jamarat, tempat melempar jumrah.

Menurut Kepala PPIH Arab Saudi Daker Makkah Subhan Cholid hotel yang jauh dari Masjid Al Haram biasanya akan dipakai setahun dua kali. Yaitu, musim ramadhan dan musim haji. Selebihnya, hotel-hotel itu akan kosong dan tidak terpakai.


BACA JUGA : Kabut Asap Landa Malaysia, Mahathir Akan Kirim Surat ke Jokowi


"Sementara untuk hotel yang aktif sepanjang tahun biasanya di sekitar Masjid Al Haram di luar musim haji," sebutnya. Selain di sekitar masjid, hotel-hotel yang aktif sepanjang tahun lainnya berada di wilayah sebelum jembatan Misfalah terletak di belakang Zamzam Tower. Kemudian ke arah misfalah, dari belakang Hilton sampai ke jembatan Misfalah.

 





Loading...
DN06 | space iklan baca